Gandeng Amalia Pemuda KTB Kotabunan Gelar Bincang Budaya dan Pendidikan

BOGANINEWS, BOLTIM – Kegiatan bincang budaya dan pendidikan, pemuda Karang Taruna Bogani (KTB) Desa Kotabunan Induk Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menghadirkan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Boltim Amalia Ramadhan Landjar.
Kegiatan tersebut, di buka oleh Camat Kotabunan Ahmad Alheid, bertempat di Balai Desa Kotabunan Induk, Sabtu (11/01/2020). Ketua Karang Taruna Bogani Desa Kotabunan Induk Inal Arbi pada kesempatan itu mengatakan, memasuki era milenial kaum muda Boltim, butuh sebuah gebrakan untuk menghadapi fenomena – fenomena perkembangan zaman, salah satunya dengan membangun kantong – kantong diskusi di segala bidang.
“Budaya dan pendidikan adalah dua hal yang tak terpisahkan. Jika generasi muda sudah mengenal tentang daerah dan kebudayaannya, maka akan tertanam dalam dirinya rasa bangga,” jelasnya.
Lanjutnya, dalam kurikulum pendidikan bincang budaya, harus di dasarkan pada karakteristik daerahnya. “Adapun maksud dari kegiatan bincang budaya bertujuan untuk memberi informasi tentang kearifan lokal dan budaya daerah setempat,” terangnya.
Usai acara pembukaan, diisi dengan diskusi dengan Ketua KNPI Boltim Amalia Landjar dan dilanjutkan dengan pembacaan Puisi yang berjudul Absur oleh seorang Pemuda Komunitas Lotung Literasi Desa Tutuyan Satu, Tobi Korompot.
Diketahui, acara bincang Budaya dan Pendidikan tersebut, menghadirkan dua pemateri yaitu, akademisi Zanjabil Wakid dan Lesbumi Sulut Ersandi Paputungan, juga turut  dihadiri, Camat Kotabunan Ahmad Alheid, Sangadi Desa Bulawan Dua Irawan Mangkialo, Sekretaris Desa Bulawan Induk Mufid Noyo, Sekretris Desa Kotabunan Cili Mokoagow, Perwakilan PKM Kotabunan dr. Marzuki, Pembina Karang Taruna Kotabunan Selatan Chendry Mokoginta dan seluruh anggota Pemuda Karang Taruna se- Kecamatan Kotabunan dan Tutuyan. (Agung)

Komentar