oleh

Bupati Bolmong Lerai Tarkam Pusian dan Toruakat

BOGANINEWS, BOLMONG – Pertikaian antara Desa Pusian dan Toruakat, Kecamatan Dumoga, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menjadi perhatian serius pemerintah. Bagaimana tidak, baru beberapa waktu lalu terlibat tawuran antar kampung (Tarkam), kini kembali bergejolak.
Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, dengan cepat langsung mengadakan pertemuan antara kedua belah pihak yang dipusatkan di batas antara dua desa yang bertikai, Sabtu (11/20). Hadir dalam pertemuan tersebut Plt Assiten I Bidang Pemerintahan Deker Rompas, Kapolres Bolaang Mongondow, Perwakilan Dandim 1303/ Bolmong, Perwakilan Dir Binmas Polda Sulut, Camat, Sangadi, tokoh masyarakat, serta seluruh masyarakat dari dua Desa.
Bupati dalam sambutannya mengajak warga di dua desa tersebut untuk segera menghentikan pertikaian dan kembali menjalin tali silaturahmi antar warga.
“Mari kita hidup rukun dan damai. Saya merasa malu karena Pusian dan Toruakat adalah kampung halaman saya sendiri. Melalui kunjungan dan pertemuan ini, saya berharap kita semua kembali bersama dan menjaga rasa persaudaraan serta tali silaturahmi dianatara kita,” pinta Bupati.
Kapolres Bolmong, AKBP. Indra Praman, SIK saat dihubungi awak media terkait kondisi keamanan di dua desa tersebut, mengaku sudah terkendali.
“Pertemuan tersebut memang inisiatif dari Pemda. Namun kami juga yang mengusulkan agar pertemuan itu bisa dilaksanakan. Tadi pertemuan langsung dipimpin Bupati Bolmong. Sedangkan untuk keamanan sudah kondusif,” jelas Indra.
Terpisah, AKBP. Ruswan Buntuan yang mewakili Direktorat Binmas Polda Sulut mengatakan, pertemuan itu intinya untuk menyatukan kembali kedua belah pihak yang bertikai.
“Kita sudah tiga hari berada di lokasi kejadian. Saya didampingi oleh Kompol Adi Widiyanto mewakili Dir Binmas, serta seluruh anggota Kepolisian Polres Kotamobagu dan Polres Bolmong turun untuk pengamanan dan menyelesaikan pertikaian yang terjadi antara dua desa ini. Alhamdulillah hari ini semua bisa terselesaikan dengan baik, Bupati Bolmong juga hadir dalam pertemuan itu,” unglap Ruswan. (ino)

Komentar

BERITA LAINNYA