Pilsang PAW Desa Bungko, Empat Calon Sangadi Siap Betarung

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Setelah melalui tahapan pendaftaran, hanya empat Calon Sangadi pada Pilsang Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Bungko Kecamatan Kotamobagu Selatan, yang berhasil lolos sampai pada tahapan akhir pemasukan kelengkapan berkas. Hal ini disampaikan langsung Ketua Panitia Pilsang Saldji Paputungan, Rabu (4/12).
“Batas akhir pemasukan kelengkapan berkas bakal calon yaitu kemarin tanggal 3 Desember. Sampai dengan pukul 00.00 Wita semalam, dari enam pendaftar, hanya empat yang datang melengkapi berkas, yaitu Kautsar Muri Gonibala, Sofian Makalalag, Naija Paputungan dan Hi. Warsino,” jelas Saldji.
Diungkapkannya juga, ada dua orang yang gugur secara otomatis karena tidak melengkapi berkas adalah Nofrianto Agansi dan Sulfalia Paputungan. “Kedua calon tersebut adalah ASN. Dan sesuai dengan peraturan, bagi ASN yang mencalonkan diri sebagai sangadi, harus mendapatkan rekomendasi atau ijin langsung dari PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) yang bersangkutan. Rekomendasi ini yang tidak diserahkan oleh mereka berdua,” jelas Saldji.
Terpisah, Kasubag Pemerintahan dan Desa, Wiwie Sabunge, menambahkan, sesuai dengan Perwako Nomor 17 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Pilsang Antar Waktu, para calon sangadi yang lolos akan mengikuti test tertulis dan wawancara. “Berdasarkan regulasi yang ada, calon sangadi pilsang PAW yang jumlahnya lebih dari 3, maka akan diadakan test tertulis oleh Pemkot dan panitia pilsang.  Jadwal test tanggal 10 Desember 2019 dan dilaksanakan di Kantor Desa,” sebut Wiwiek sapaan akrabnya.
Wiwie berharap, ke empat calon yang ada untuk mempersiapkan diri menghadapi pelaksanaan test tertulis dan ikut menciptakan situasi yang kondusif pada gelaran pilsang tahun ini. (*)

Komentar