KPU Sulut Gelar Sosialisasi Calon Perseorangan

BOGANINEWS, BOLMUT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut), menggelar sosialisasi di Desa Kuala Kecamatan Kaidipang, untuk pencalonan perseorangan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2020.
Menurut Ketua KPU Sulut Ardiles Mewo, kegiatan sosialisasi ini mengacu pada peraturan KPU Nomor 16 tahun 2019 tentang perubahan atas Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020.
“KPU tetap membukan kesempatan bagi masyarakat Sulut yang ingin mencalonkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur lewat jalur perseorangan. Sesuai PKPU Nomor 16 tahun 2019 pendaftaran pada tanggal 16 sampai 20 Februari 2020, karena mulai tanggal 16 sampai 19 Februari 2020 penyerahan dokumen sampai pukul 16.00 WITA. Dasar perhitungan calon perseorangan adalah 10 persen dari jumlah pemilih pada Pemilu terakhir yaitu kurang lebih 190.812 suara yang terbagi di 8 Kabupaten/Kota,” terangnya.
Di tempat yang sama, Komisioner KPU Sulut Yesi Momongan mengatkan, pihaknya berharap dengan adanya sosialisasi ini, para bakal calon perseorangan mempersiapkan berkas dokumen dengan baik sebelum diserahkan ke KPU Sulut.
“KPU melakukan sosialisasi bakal calon perseorangan di 15 kabupaten dan Kota di Sulut. Kami juga berharap di semua kabupaten dan kota, akan lahir bakal calon perseorangan. Sosialisasi ini lebih mempermuda bagi bakal calon perseorangan apabila berkeinginan maju pada Pilgub tahun 2020 mendatang,” jelas Yesi.
Lanjutnya, KPU Sulut berharap, tahapan ini bisa berjalan dengan baik termasuk di Bolmut ada ruang yang dipahami oleh para stekeholder. “KPU Sulut sudah melakukan sosialisasi bakal calon perseorangan di 7 kabupaten dan kota di Sulut. Bolmut adalah sosialisasi yang ketiga,” akunya sembari berharap, pada Pilgub Sulut 2020 ini, masyarakat Bolmut dapat antusias dalam menyambut pesta demokrasi di Sulut, serta peran seluruh masyarakat dalam berpatisipasi dadam menghadapi Pilgub mendatang.
Diketahui, sosialisasi tersebut dihadiri Ketua KPUD Bolmut Djunaidi Harundja, Devisi Hukum Ismail Mobiliu, Devisi Data Irvan Aumbas, Devisi Teknis Wiwidiyanti Damopolii, Devisi SDM Rita Darondo, Polres Bolmut, Pimpinan Partai, masyarakat dan OKP. (WaOne)

Komentar