Jelang Natal, Dispertanak Turunkan Petugas dan Dokter Hewan Untuk Pastikan Kesehatan Hewan

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Untuk memastikan daging hewan sehat dikonsumsi, Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan (Dispertanak) Kotamobagu akan menurunkan petugas dan dokter hewan guna memeriksa sekaligus memastikan kesehatan hewan yang akan dipotong jelang Natal bagi umat kristiani.
“Jika ada pemotongan hewan baik untuk kebutuhan pesta di desa dan kelurahan hingga yang dijual di pasar maka harus melalui pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter hewan,” kata Sekretaris Dispertanak, Mohamad Yahya, Selasa (03/12/2019).
Hal senada disampaikan Dokter Hewan, Kadek Marliani, bahwa sebelum dipotong pihaknya terlebih dahulu melakukan pemeriksaan hewan babi, baik dipasar maupun untuk keperluan pesta. “Para petugas penyuluh di lapangan memberikan laporan dan sesuai jadwal rutin pemeriksaan hewan yang kami lakukan setiap hari selasa, kamis dan sabtu,” ujar Kadek.
Dijelaskannya, ada 2 metode pemeriksaan yang akan dilakukan pihaknya, yakni antemortem (saat hewan masih hidup) dan postmortem (setelah dipotong). “Pemeriksaan antemortem untuk melihat ciri-ciri fisik, sedangkan pemeriksaan postmortem berupa pemeriksaan organ dalam hewan seperti hati, limpa, dan paru,” pungkasnya. (ino)

Komentar