Sehan Sebut Media Masa Pilar Keempat Demokrasi

BOGANINEWS, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar, berharap insan Pers dapat menjadi mitra pemerintah yang baik dan proposional. Menurutnya, wartawan adalah pekerjaan yang mulia, juga pembawa informasi kepada masyarakat (publik).

“Pers juga menjadi pilar penentu. Maju mundurnya pembangunan di negeri ini ada di pers. Mulai dari pemberitaan, publikasi yang nantinya produk kalian menjadi konsumsi masyarakat,” jelasnya.

Dengan adanya kebebasan Pers di Indonesia, kata Bupati, fungsi media massa atau pers tentunya sangat penting dalam kehidupan berdemokrasi di negeri ini.

“Pers pada hakekatnya berfungsi sebagai alat kontrol sosial dalam dunia demokrasi. Fungsi kontrol sosial tersebut tentunya semakin menguatkan peran dan fungsi pers dalam masyarakat, karena dalam iklim demokrasi pada saat ini, Pers adalah Pilar keempat demokrasi, setelah lembaga Eksekutif Legislatif dan Yudikatif,” terang Sehan saat bersua dengan awak media Senin, (4/11/2019).

Dirinya juga berharap, Pers harus proporsional dalam pemberitaan yakmi harus berimbang. Gunakan bahasa yang baik, jelas dan lunak. “Jangan memuat berita yang memancing kegaduhan pada masyarakat. Pers bertanggung jawab untuk meredam isu-isu yang dapat memicu kekacauan, apabila terjadi gangguan stabilitas di lapangan,” pintanya.

Lanjutnya, jika memberitakan yang hoax atau kalimat yang mendiskriminasi seseorang, dan atau informasi yang tidak bisa pertanggungjawabkan kebenaranya, maka akbitanya sangat besar. “Seperti gangguan ekonomi, kemasyarakatan, Kamtimas, sampai dampak sosial pada publik,” sebutnya. (Agung)

Komentar