Enam Kepala Keluarga Penerima BSPS Terpaksa Diganti

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Sebanyak enam kepala keluarga penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kota Kotamobagu terpaksa harus diganti.

Menurut Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kotamobagu mengatakan, alasan pergantian tersebut dikarena para keluarga penerima  saat di verifikasi dianggap tidak bersedia.

“Jadi saat verfak itu mereka diganti karena  mengundurkan diri, ada juga sudah berkerja di tambang, bahkan ada juga tidak berada di tempat. Nah, karena waktunya sudah mepet  maka kita tidak bisa menunggu itu, sehingga kita  lakukan pengantian dengan mengusulkan ke sangadi dan lurah siapa penggantinya yang sesuai kriteria,” terang Amon, Jumat (1/11/2019).

Sementara itu kata Amon, untuk realisasi penyaluran BSPS hingga saat ini sudah mencapai 50 Persen, dan kini masuk pada tahap kedua. “Ada 195 unit BSPS dan 50 persen dari itu sudah selesai. Kita sekarang sudah masuk penyaluran tahap kedua,” kata Amon.

Adapun bantuan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019. Dalam satu kepala keluarga menerima dana sebesar 18 Juta. Meski begitu, Amon mengakui jumlah itu tidak mencukupi untuk pembangunan satu unit rumah tinggal.

“Ini kan dana stimulan, tentu itu tidak mencukupi. Namun para penerima itu memiliki  kemampuan tenaga, tetapi tidak punya finansial untuk membeli bahan. Nah, ini bahan yang pemerintah sediakan, tinggal bagaimana penerima membangunnya secara swadaya,” ucapnya. (ino)