Antisipasi Kecelakaan Kebakaran, Puskesmas Kotabunan Kerja Sama Dengan PT.ASA Gelar Simulasi APAR

BOGANINEWS, BOLTIM – Guna mengantisipasi kecelakaan kebakaran di setiap pusat pelayanan masyarakat, maka setiap instansi harus memiliki alat pemadam. Dengan adanya peralatan tersebut, maka pihak Puskesmas Kotabunan bekerjasama dengan PT. ASA untuk memberikan simulasi Alat Pemadam Kebakaran (APAR).

Kepala Puskesmas Kotabunan Novita Hala, membenarkan kegiatan ini. Selain mengantisipasi kecelakaan kebakaran, APAR adalah salah satu indikator penunjang akreditasi Puskesmas. “Dikarenakan setiap pusat pelayanan masyarakat harus memiliki alat pemadam, guna mengatasi kecelakaan (kebakaran), juga salah satu indikator untuk Akreditasi Puskesmas,” terang Novita.

Senada dikatakan Bidang Pengelolah Program Kesehatan Kerja, Maman Dekwanto Ingo, bahwa pelaksanaan simulasi APAR sebagai indikator pendukung akreditasi puskesmas. “Selain memberikan simulasi APAR pihak PT. ASA pun memberikan bantuan Alat Pemadam Kebakaran (APAR), ke pihak Puskesmas Kotabunan. Kegiatan ini berlangsung atas kerja sama puskesmas kotabunan dengan PT. ASA,” jelasnya.

Lanjutnya, simulasi dilaksanakan di Puskesmas Kotabunan, Jumat (1/11/2019) sekira pukul 08:30 WITA. “Simulasi APAR ini penting, ketika ada kecelakan kebakaran, kita bisa melakukan tindakan dasar untuk pemadamam. Ini wajib ada di setiap pusat pelayanan umum, apa terlebih di Puskesmas,” jelasnya. (Agung)

Komentar