Bupati Boltim Hadiri Pelantikan Pengurus BWI

BOGANINEWS, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Landjar, menghadiri pelantikan pengurus perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Boltim priode 2019-2022, bertempat di Kantor Urusan Agama (KUA) Bulawan, Kecamatan Kotabunan Kamis (17/10/2019).

Pada kesempatan itu, Bupati Sehan Landjar, sekaligus didaulat menyerahkan SK kepada pengurus BWI perwakilan Boltim. Dalam sambutannya Bupati penyampaikan selamat atas terbentuknya pengurus BWI perwakilan Boltim. “Adanya pengurus BWI Boltim ini dapat menyelesaikan tanah wakaf di daerah Boltim,” kata Bupati.

Menurutnya, masih banyak tanah yang sudah di bangun Masjid maupun sekolah yang sudah di wakafkan, namun belum memiliki identitas resmi atau Sertipikat.

“Nah, dengan adanya pengurus BWI ini semua tanah lokasi yang sudah di bangun fasilitas umum seperti Masjid maupun sekolah dapat di selesaikan dengan mengurus sertifikat,” harapnya.

Bupati juga akan berupaya mensosialisasikan kepada semua Sangadi (kepala desa) se-Boltim agar  tempat-tempat ibadah segera di buatkan identitas resmi atas kepemilikan. “Sangadi dapat menyelesaikan tanah-tanah wakaf untuk di buatkan suratnya di hadapan pengurus BWI Kabupaten,” pintanya.

Di akhir sambutan, Bupati mengatakan akan mewakafkan tanah untuk kantor sekretariat NU dan Muhamadiah. “Saya akan menyiapkan tanah untuk pembangunan sekretariat NU dan Muhamadiah,” akunya.

Sementara itu, Ketua Devisi Najir BWI Sulawesi Utara (Sulut) Hi. Kalo Tahirun menjelaskan, BWI adalah sebuah organisasi mitra pemerintah. Tugasnya adalah memaksimalkan tanah-tanah wakaf yang ada di wilayah kerja masing-masing. “BWI Boltim akan membina para Muajib dan Najir. Yang di maksud Muajib adalah pemberi dan Najir adalah penerima. Sedangkan pengertian wakaf itu seperti tanah yang sudah di berikan kepada orang lain,” terangnya.

Lanjutnya, Najir kapan saja bisa diberhentikan sepanjang dirinya di anggap tidak mampu lagi mengeloh wakaf yang dipercayakan kepadanya. “Bila Najir sudah tidak mampu mengolah wakaf, maka wajib melaporkan kepada pengurus BWI yang ada di masing-masing KUA Kabupaten,” terangnya.

Diketehui pengurus BWI Boltim resmi dilantik oleh Ketua BWI Sulut, Hi. Muhammad Otolua. Pelantikan tersebut dihadiri oleh Bupati Boltim Sehan Landjar, Kepala Kementrian Agama Boltim, Anggota DPRD Boltim Samsudin Dama, Camat Kotabunan Ahmad Alheid, Sangadi Bulawan Suleman Lendongan. (Agung)

Pengurus BWI Boltim :
Dewan Pertimbangan.
Ketua: Ahmad Soleh
Anggota Muh. Kusdi Ismail, Mahmud Langaru.
Badan Pelaksana.
Ketua: Abd.Djohar Makangiras
Wakil Ketua: Abdul Syukur
Sekretaris: H. Muh Ma’mur
Bendahara: Karmila Miolo
Divisi-divisi.
Pembina Nazhir: Muh Hidayat Bahmid
Pengelola dan Pemberdayaan Wakaf: H. Djefri Koe.
Humas: Faisal Samarati
Kelembagaan dan Bantuan Hukum: H. Madyan.
Penelitian dan Pengembangan Wakaf: Gafar Bakari.

Sumber : BWI Boltim