Bambang Ginoga Ubah TPA Kotamobagu Jadi Tempat Wisata Terbuka Hijau

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Kreativitas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu Bambang Irawan Ginoga patut diacungi jempol. Betapa tidak, lewat tangan dinginnya, lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang terletak di Desa Poyowa Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, mampu ‘disulap’ menjadi tempat wisata terbuka hijau.

Alhasil, lokasi yang sarat akan bau tidak sedap, serta kotoran yang berhamburan dimana-mana, saat ini berubah drastis, bahkan bisa menjadi lokasi yang enak dinikmati dengan menyeruput secangkir kopi di sore hari.
“Tiap tahun tentu harus ada inovasi yang dilakukan, dimana, dengan TPA model seperti ini, maka tentu akan banyak warga yang mendatangi lokasi ini,” kataujar Bambang.
Diungkapkannya, kalau konsep TPA tersebut diubah menjadi seperti Ruang Terbuka Hijau (RTH) tersebut, tentu akan ikut mendorong kelestarian lingkungan.
“Dengan konsep seperti ini, warga bisa melihat bahwa sampah pun jika dikelola dengan baik bisa menjadi hal yang positif,” ucapnya.
Menariknya, dalam dekorasi di TPA itu, sejumlah sampah plastic yang ada dijadikan ornament-ornamen indah yang ikut menghiasi TPA tersebut. (*/ino)

Komentar