Beranda Bolmut Tahun Depan Pemkab Bolmut Gelar Pilsang Serentak

Tahun Depan Pemkab Bolmut Gelar Pilsang Serentak

0
BERBAGI
Ivan Gahtan
BOGANINEWS, BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), akhir 2020 akan melaksanakan Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak.
Menurut Kepala Bidang Pemerintahan Desa Ivan Gahtan, ada 49 desa di Enam Kecamatan yang akan mengelar Pilsang serentak pada akhir 2020. Syarat calon yang akan maju di Pilsang nanti, berijazah SMP, serta tidak harus warga desa tersebut.
“Bisa juga dari desa tetangga mencalonkan diri. Begitu juga dengan calon yang sudah dua periode masih bisa mencalonkan kembali,” kata Ivan.
Lanjutnya, untuk calon Sangadi hanya dibatasi lima calon. “Pemkab akan membentuk tim seleksi dari Bagian Hukum, Inspektorat, DPMD, Kesbangpol dan Satpol-PP. Pihaknya juga akan turun untuk memverifikasi faktual terkait ijazah calon,” jelas Ivan.
Sementara itu, Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Aktrida Datungsolang mengatakan, Pilsang serentak yang akan dilaksanakan tahun depan nanti, pihak DPMD dan tim seleksi harus benar-benar selektif terutama terkait dengan ijazah para calon. Sebab, dari kasus-kasus sebelumnya banyak permasalahan terkait dengan ijazah.
“Saya berharap harus dilakulan secara efektif dalam hal verifikasi faktual, agar nantinya tidak akan menimbulkan persoalan seperti tahun-tahun sebelumnya,” jelas Aktrida. (WaOne)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.