Pemkab Boltim Siapkan 300 Juta Untuk Rehab Bangunan Pustu Buyat

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) rencananya akan melakukan rehab bangunan Pustu di Desa Buyat Kecamatan Kotabunan.

Menurut Kepala Dinkes Boltim Eko Marsidi, tahun ini ada sejumlah program akan lakukan, salah satunya rehab berat bangunan Pustu.

“Kita lakukan rehab berat untuk Pustu di Desa Buyat dalam waktu dekat ini dengan anggaran Rp 300 juta dari APBD DID,” terang Eko, Kamis (27/6/2019).

Lanjutnya, bangunan Pustu di Buyat dinilai sudah tidak layak makanya kita lakukan perehaban. Tetapi untuk pelayanan kesehatan tetap berjalan seperti biasa.

Menurutnya, jumlah Pustu di Boltim saat ini ada 12. Sedangkan, Poskesdes sebanyak 32. Harusnya, minimal dalam 1 desa itu semuannya ada fasilitas pelayanan kesehatan karena sudah diatur dalam Undang-undang Kesehatan Nomot 36 Tahun 2009 tentang Fasyankes (Fasilitas Pelayanan Kesehatan).

“Untuk desa yang dianggap jauh dari Ibukota Boltim, semuannya sudah ada Pustu. Diantarannya Desa Jiko Belanga, Desa Matabulu, Desa Kokapoy dan Desa Bukaka. Selain sarana yang ada, kita juga upayakan tenaga kesehatan yang memadai,” terangnya. (Agung)

Komentar