Pemkab Bolsel Gelar Gebyar Ketupat dan Halal Bihalal

BOGANINEWS, BOLSEL – Pemerintah Kabubupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Rabu (12/6/2019) menggelar Gebyar Ketupat sekaligus dirangkaikan dengan Halal Bi Halal 1440 Hijriyah, di Desa Adow Selatan, Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng)

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandow, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid dan Bupati Guhanga Hi. Herson Mayulu (H2M).

Bupati Bolsel dalam sambutannya berpesan untuk terus menjaga nilai budaya dan kearifan lokal. “Iven ini juga sebagai promosi wisata dan ajang untuk saling mempererat hubungan silaturahmi. Kesempatan ini juga dirangkaikan dengan pelantikan pengurus PMI Kabupaten Bolsel, penyerahan sertifikat tanah gratis serta bantuan 200 buah Al Quran,” kata Bupati.

Sementara itu, Hi Herson Mayulu (H2M) saat menyampaikan tausiyah dan hikmah Halal Bihalal menyelaskan, sejarah Halal bi Halal diawali pada tahun 1948 saat Bung Karno berupaya mempersatukan kembali bangsa Indonesia yang berada di ambang perpecahan.

“Halal Bi Halal menjadi sarana untuk silaturahmi dan saling memaafkan. Untuk para ASN, bisa timbul semangat baru setelah menjalankan ibadah puasa, yang berupa semangat pengabdian, semangat persaudaraan dan semangat perjuangan,” pesannya.

Sementara itu, Wagub Steven Kandouw dalam arahannya mengatakan, pembagian sertifikat adalah salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan. Dalam kapasitasnya sebagai Ketua PMI Sulut, Wagub mengatakan, PMI adalah kerja sosial dan personil PMI dilatih khusus untuk penanggulangan bencana karena Indonesia merupakan daerah rawan bencana.

“Kaitan dengan iven Ketupat dan Halal bihalal, Wagub berharap menjadi ajang silaturahmi dan saling baku sayang yang sifatnya sustainable (berkelanjutan) dan juga untuk terus menjaga ukhuwah islamiyah, wataniah dan insaniyah,” kata Wagub.

Puncak acara, Wagub Steven Kandouw didampingi Bupati Iskandar Kamaru dan Wabup Dedi Abdul Hamid meninjau stand-stand sekaligus menyantap hidangan ketupat. (Advetorial)

Komentar