Dinkes Boltim Gelar Buka Puasa Bersama

BOGANINEWS, BOLTIM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Kamis (23/5) menggelar Buka Puasa Bersama (Bukber) dengan jajaran Dinkes Boltim.

Kegiatan dengan tema “Berbagi kasih di bulan suci” tersebut, dilaksanakan di aula gedung Dinkes, dan dihadiri semua jajaran baik dari Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) se-kabupaten Boltim, juga Ustad Muhammad Kusdi ismail sebagai penceramah.

Kepala Dinkes Boltim Eko Mrsidi mengatakan, alhamdulillah kita telah sampai pada Ramadhan 1440 H di tahun 2019.

“Kegiatan buka puasa bersama ini, selalu diagendakan oleh Dinkes Boltim. Kali ini dengan tema itu, tujuanya, kita merajut kembali silaturahmi antar kita umat beragama,” jelas Marsidi.

Sementara itu, Ustad Muhammad Kusdi Ismail selaku penceramah mengatakan, dalam bulan Ramadhan kita umat muslim diwajibkan untuk berpuasa.

“Wajib, namun bagi yang ibu-ibu yang sedang berhalangan menstruasi dan nifas, tidak di anjurkan. Begitu juga ibu yang sedang hamil dan menyusui atau sedang sakit,” kata Ismail.

Lanjutnya, adapun hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan dan minum yang di sengaja.

“Berhubungan suami istri pada siang hari itu juga dapat membatalkan puasa, namun jika malam hari diperbolehkan sampai dekat waktu imsak (Subuh),” jelasnya. (Agung)

Komentar