Sehan Sampaikan LKPJ Tahun 2018 Pada Paripurna DPRD

BOGANINEWS, BOLTIM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Senin (15/04/2019) menggelar paripurna istimewa, dalam rangka penyampaian rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Boltim, tahun anggaran 2018.

Paripurna yang digelar di ruang sidang DPRD tersebut, dipimpin langsung Ketua DPRD Boltim Marsaoleh Mamonto, serta dihadiri Bupati Boltim Sehan Landjar dan anggota DPRD lainnya. Pada paripurna tersebut, pihak DPRD yang diwakili Revi Lengkong, menyampaikan pendapat tentang LKPJ Kepala Daerah tahun 2018. “Secara keseluruhan, kami menerima LKPJ Kepala Daerah Boltim tahun anggaran 2018,” kata Lengkong yang dilanjutkan dengan penyerahan LKPJ oleh Ketua DPRD kepada Bupati Boltim.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD Boltim atas kerjasama dan dukungan kepada eksekutif dalam pembangunan daerah. Bupati juga mengapresiasi kinerja Pansus LKPJ yang telah bekerja maksimal melalui tahapan-tahapan hingga menghasilkan rekomendasi yang sangat penting bagi Pemerintah Kabupaten, guna meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, serta pelayanan kepada masyarakat di Kabuapaten Boltim.

“Kita ketahui bersama, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 3 tahun 2007 tentang LKPJ kepada DPRD, pada pasal 18 diuraikan bahwa, LKPJ sekurang-kurangnya menjelaskan arah kebijakan umum pemerintah daerah, pengelolaan keuangan daerah secara makro, termasuk pendapatan dan belanja daerah, penyelenggaraan urusan tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan selama setahun,” jelas Bupati.

Lanjutnya, berbagai tanggapan DPRD atas LKPJ Bupati ini, akan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah sebaik mungkin. Penyelenggaraan pemerintahan, tidak semua disebabkan oleh kelemahan institusi, namun tidak sedikit dipengaruhi oleh faktor eksternal yang tidak masuk dalam kewenangan pemerintah daerah.

“Kendati demikian, kami selaku pemerintah daerah, akan tetap berkomitmen untuk terus memperbaiki kinerja berdasarkan saran dan masukan yang telah tertuang dalam rekomendasi dari DPRD,” ucapnya.

Bupati juga mengajak, para anggota DPRD dapat bersama melakukan pengawasan secara efektif, efisien dan transparan, atas penggunaan anggaran daerah. “Agar dapat tercapai optimalisasi pemanfaatan anggaran, demi meningkatkan kesejahteraan rakyat Boltim,” terang Bupati. (Agung)

Komentar