Pendapatan Tukang Sol Sepatu Menjanjikan, Pemkot Kotamobagu Bakal Berikan Bantuan Tahun Depan

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pendapatan tukang sol sepatu di Kota Kotamobagu cukup menjanjikan. Profesi yang hanya bermodalkan alat seadanya seperti jarum, benang, lem dan ditambah dengan keahlian khusus dalam menjahit, ternyata cukup menarik sejumlah orang untuk menggeluti bisnis ini.

Hal ini nampak dari usaha sol sepatu milik Umar Dalango, warga Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, yang terletak di Pasar Serasi Kotamobagu.

Menurut Umar, usaha sol sepatunya ini sudah ada sejak delapan tahun lalu.

“Dalam sehari saya bisa memperbaiki 15 pasang sepatu dengan pendapatan mencapai 100 sampai 200 ribu rupiah per hari,” ungkap Umar.

Lebih lanjut katanya, seperti menjelang puasa dan tiga hari menjelang lebaran, pendapatannya semakin naik.

“Biasa, tiga hari dekat lebaran itu, pendapatannya mencapai satu juta lebih dalam tiga hari,” jelasnya.

Ia pun berharap, jika ada bantuan dari Pemerintah Kota Kotamobagu tentu lebih baik. “Kalau dapat bantuan alhamdulillah,” katanya.

Ditempat yang sama, Neli Lagaruda salah satu pelanggan sol sepatu mengatakan, alasannya untuk menjahit sepatu karena masih bisa digunakan.

“Karena ada tanda terbuka, makanya saya singgah untuk dijahit. Lagian ini masih bagus dipakai, jadi sayang langsung dibuang,” ucapnya.

Terpisah, Kabid Pasar Disperindakop Kotamobagu, Lores Binol, mengatakan, untuk usaha sol sepatu ini, pemerintah berencana memberikan bantuan berupa kanopi dan kas.

“Bantuan tersebut direncanakan dianggarkan pada 2020 tahun depan,” kata Binol melalui via seluler, Selasa (30/4). (Ino)

Komentar