Kesbangpol KK akan Latih 326 Relawan Terkait Penggunaan Aplikasi Real Count

BOGANINEWS, KOTAMOBAGUSebanyak 326 relawan yang akan ditugaskan diseluruh Tempat Pengumutan Suara (TPS) pada Pemilu serentak 17 April mendatang di wilayah Kota Kotamobagu, akan mendapatkan pelatihan terkait penggunaan aplikasi real count dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kotamobagu.

Menurut Sekretaris Kesbangpol Kota Kotamobagu, Hendra Makalalag, sosialisasi kepada 326 relawan ini rencananya akan dilaksanakan pada hari Jumat (12/4/2019).

“Tujuan dari sosialisasi penggunaan aplikasi real count pada perhitungan suara Pemilu Serentak di Kota Kotamobagu, dilaksanakan agar dalam pelaporannya tidak ada kesalahan,” jelas Hendra.

Lanjutnya, 326 relawan ini nantinya akan ditempatkan disetiap TPS. “Sehingga mereka harus dibekali terlebih dahulu dengan pengetahuan untuk operasional aplikasinya,” terangnya.

Sosialisasi ini juga kata Hendra, akan menghadirkan Tim Ahli dari Dinas Kominfo Kota Kotamobagu. “Dengan harapan dapat meminimalisir human eror di lapangan,” katanya.

Selain itu kata Hendra, aplikasi real count merupakan kerja sama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Pembiyayaannya 100% melalui APBD KK yang tertata di RKA Badan Kesbangpol Kota Kotamobagu,” ujarnya.

Dikatakannya juga, dengan adanya aplikasi real count ini, masyarakat dapat mengetahui dengan cepat hasil Pemilu serentak di wilayah Kota Kotamobagu.

“Untuk hasil dari perhitungan cepat ini akan sesuai dengan hasil penetapan perhitungan suara di KPU nanti, karena sesuai dengan data di TPS langsung. Kecuali ada perubahan karena persoalan apa, itupun tidak akan jauh berbeda dengan hasil perhitungan lewat aplikasi ini,” tambahnya. (ino)

Komentar