Tingkatkan Pengawasan, Panwascam Nuangan Gelar Bimtek

BOGANINEWS, BOLTIM – Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Nuangan, Sabtu (9/3) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Pengawas Desa se Kecamatan Nuangan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, bertempat di Aula Balai Desa Layow.
Menurut Ketua Panwascam Nuangan Irwanto Mamonto, tujuannya dari pelaksanaan Bimtek ini, agar kita bisa menyatukan persepsi dalam mengawasi setiap tahapan Pemilu agar berjalan dengan baik sesuai regulasi yang diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017.
“Tujuanya untuk meningkatkan kapasitas SDM Pengawas Desa se Kecamatan Nuangan, sehingga diharapkan dalam kerja-kerja pengawasan nanti panwas desa mempunyai bekal pengetahuan dalam melakukan pengawasan maupun penindakan pelanggaran Pemilu yang tidak lama lagi tahapan pemilihannya. Dan yang terpenting, dalam pengawasan di lapangan itu seluruh pengawas desa tau prosedur serta batasan-batasan kerja mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa,” jelas Irwanto.
Ditempat yang sama, Divisi Pengawasan dan Hubungan Lembaga (PHL) Panwascam Nuangan Aisyah Bindjindan menjelaskan, kalau dalam hal pengawasan kami menghimbau kepada para peserta jika menemukan pelanggaran di lapangan, agar segera melapor ke Panwascam.
“Temukan pelanggaran segera laporkan, agar tidak ada kekosongan hukum dalam hal penindakan pelanggaran, juga laporan masyarakat terkait pelanggaran tahapan Pemilu,” pintanya.
Sementara itu, Divisi SDM Panwascam Nuangan Vivi Potabuga berharap, agar materi-materi yang disampaikan ini semoga dapat diterima oleh para peserta Bimtek.
“Semoga materi yang disampaikan ini dapat diterima dengan baik sebagai penyelenggara dalam pengawasan tahapan kampanye Pemilu tahun 2019. Materi ini sangat penting, makanya kami berharap agar para peserta dapat mengikuti Bimtek ini dengan serius, agar semua materinya dapat diserap dengan baik sehingga bisa menjadi suplemen pengetahuan pengawasan kepemiluan,” harapnya. (Agung)

Komentar