Pemkab Bolsel Siapkan 5000 Sertifikat Tanah Gratis

BOGANINEWS, BOLSEL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), tahun ini akan menyiapkan 5000 sertifikat tanah gratis untuk masyarakat. Hal ini disampaikan Bupati Bolsel Iskandar Kamaru S.Pt, saat menggelar Kunjungan Kerja (Kunker) di Wilayah Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng), tepatnya di Desa Tobayangan Selatan.

“Tahun ini akan ada 5000 sertifikat tanah gratis yang akan diberikan kepada masyarakat. Untuk penganggarannya lewat APBD,” kata Bupati, Selasa (5/3/2019). Lanjutnya, program pemberian sertifikat tanah gratis ini, sebelumnya dicanangkan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, untuk seluruh masyarakat di Indonesia.

“Untuk Kabupaten Bolsel sendiri mendapat jatah 1000 sertifikat tanah yang dibiayai lewat APBN dan 500 sertifikat tanah lainnya lewat APBD. Program ini sudah dilaksanakan dan sertifikatnya sudah diserahkan ke masyarakat pemilik lahan,” ungkap Kamaru.

Bupati juga berharap, dengan adanya pengurusan sertifikat tanah secara gratis kepada masyarakat ini, bertujuan untuk memberikan legalitas hukum yang sah terhadap hak kepemilikan tanah milik masyarakat yang sampai saat ini belum memilikinya.

“Pembuatan sertifikat tanah gratis ini untuk meringankan, serta memudahkan masyarakat mendapatkan hak atas tanahnya. Selain itu, sertifikat ini juga bisa menjadi modal masyarakat dalam usaha atau meningkatkan ekonominya secara mandiri,” jelas Bupati.

Dikatakannya, Pemerintah Desa khususnya para Sangadi (kepala desa) dapat mensosialisasikan dengan baik, agar dalam pengusulan pembuatan sertifikat tanah milik warga tidak ada yang bermasalah.

“Jadi harus dipastikan tanah itu ada pemiliknya. Dokumen atau surat-surat kepemilikan tanah pun harus jelas agar proses pengusulan pembuatan sertifikat yang sah tidak terkendala,” pintanya. (Holan)

Komentar