Hadiri Simulasi Pemilu 2019, Bupati Boltim Berharap Partisipasi Pemilih Boltim Tertinggi Se-Indonesia

BOGANIMEWS, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar SH berharap pada pemilihan umum tahun 2019, Boltim menjadi daerah dengan tingkat partisipasi pemilih tertinggi di Indonesia. Hal itu dikatakannya saat menghadiri kegiatan simulasi pemilihan dan pemungutan suara Pemilu tahun 2019, yang dilaksanakan KPU Boltim di Desa Jiko, Kecamatan Motongkad, Kamis (21/3/2019).

“Saya berharap Boltim akan menjadi daerah yang mempunyai partisipasi pemilih terhebat di Indonesia” ujar Bupati.

Tingginya partisipasi masyarakat, kata Bupati, adalah salah satu ukuran kualitas pemilu disamping ketepatan memilih calon. “Pemilu dikakatan berkualitas jika masyarakat banyak yang memberikan hak pilih, Partisipasi masyarakat itu kuat,” ucap Sehan.

Bupati menambahkan, pelaksanaan simulasi oleh KPU menjadi penting karena Pemilu 2019 adalah Pemilu pertama dengan kertas suara terbanyak yaitu 5 kertas suara. “Ada yang berbeda dengan pemilihan sebelumnya sehingga perlu ujicoba agar dapat melahirkan satu pemilihan yang berkualitas,” tuturnya.

Selain itu, Bupati mengaku bangga dengan tingginya animo masyarakat Boltim pada saat pelaksanaan simulasi.

“Banyaknya masyarakat yang hadir pada pelaksanaan simulasi merupakan gambaran masyarakat Boltim sadar demokrasi, peduli dan partisipatif,” kata Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menghimbau kepada pemilih pemula untuk tidak apatis karena Kepedulian kaum muda terhadap pemilu sangat penting bagi kemajuan daerah ke depan.

“Hak pilih anda akan menentukan arah pembangunan dan kebijakan pemerintah terhadap kepentingan masyarakat,” kuncinya. (*)

Komentar