Dikbud Bolmut Siap Gelar Pagelaran Objek Budaya

BOGANINEWS, BOLMUT – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), rencananya akan menggelar kegiatan penguatan dan pagelaran 10 objek budaya yang akan melibatkan semua sekolah di Bolmut.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bolmut Abdul Nazarudin Maloho, Kamis (28/3/2019). Dikatakannya,  Dikbud mengagendakan kegiatan pagelaran penguatan 10 objek budaya. Rencananya puncak kegiatan akan digelar 2 Mei 2019.

“Kegiatan ini akan diramaikan dengan pagelaran Karnaval Budaya yang berpusat di lapangan kembar Boroko,” kata Maloho.

Lanjutnya, beragam budaya yang ada di Bolmut harus gencar diperkenalkan ke generasi muda, khususnya anak-anak sekolah, juga kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Banyak contoh budaya yang bisa diperkenalkan. Seperti menganyam, menari, bahasa daerah, menyanyi dan masih banyak lagi budaya yang ada di Bolmut,” jelas Maloho.

Terpisah, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut Yanti Harundja mengatakan, pihaknya mengapresiasi rencana kegiatan  pagelaran objek budaya tersebut.

“Kegiatan seperti ini harus dilaksanakan agar para generasi muda dan seluruh masyarakat dapat mengetahui budaya yang ada di Bolmut. Pasalnya budaya-budaya di Bolmut nyaris dilupakan masyarakat,” kata Yanti. (WaOne)

Komentar