Bupati Bolsel Kembali Kunker di Kecamatan Tomini

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru SPt, Rabu (6/3/2019) kembali melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kecamatan Tomini, sekaligus meresmikan Rumah Dinas (Rudis) Camat di Desa Tomini.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa, kunjungan kerja hari ini adalah kunjungan di kecamatan yang ke empat yang dilakukan sejak dua hari lalu.

“Maksud dan tujuan kunjungan kerja ini adalah untuk menyampaikan rencana program tahun 2019, serta penguatan pemerintahan pembangunan pemerintahan dan kemasyarakatan, sekaligus merespon berbagai dinamika di tengah-tengah masyarakat,” jelas Bupati.

Khusus di Kecamatan Tomini, Bupati meminta masyarakat agar tetap satu komando terkait dengan program pemerintah dari daerah, kecamatan dan desa. Bupati juga meminta kepada Sangadi (kepala desa) dan perangkat desa, Kepala Sekolah serta Kepala Puskesmas (Kapus) yang bersentuhan langsung dengan pelayanan kepada masyarakat, agar dapat bekerja maksimal dalam melayani masyarakat. “Saya minta tiga komponen ini harus benar-benar melaksanakan tugas dengan baik,” pinta Bupati.

Iskandar juga menyampaikan, untuk evaluasi APBDes tahun 2019, insentif imam/pegawai sar’i dan pendeta, masih tetap menggunakan dasar yaitu Rp 500 ribu, Ketua BPD Rp 500 ribu, anggota Rp 300 ribu dan lembaga adat maksimal Rp 300 ribu. “Jadi masih tetap disesuaikan dengan kemampuan keuangan desa,” jelasnya.

Selain itu, Bupati juga meminta kepada para Sangadi dan aparat agar tetap bersabar terkait penyetaraan gaji kepala desa yang rencana akan di setarakan dengan ASN golongan II. “Kita masih menunggu juknis sebagai dasar hukum,” ungkapnya.

Ditegaskannya lagi, untuk Kepada Puskemas, agar penggunaan dana kapitasi dan BOK, dipergunakan sesuai dengan peruntukannya dan tidak melanggar aturan.

“Saya minta pelayanan Puskesmas terus diperbaiki. Jika ada dokter yang tidak aktif atau jarang masuk, laporkan kepada saya. Begitu juga kepala sekolah, saya minta harus menjadi contoh yang baik. Juga dana bos harus dikelola dengan jujur dan transparan,” pintanya.

Ia juga berharap, jelang Pemilu serentak yang akan dilaksanakan 17 April 2019 mendatang, keamanan dan ketertiban harus tetap dijaga.

“Jelang Pemilu, tetap jaga keamanan guna membantu pihak kepolisian. Hindari saling menjelekkan, serta fitnah,” harapnya.

Turut hadir pada kunjungan kerja Bupati tersebut diantaranya Kapolsek Posigadan, para asisten staf ahli dan staf khusus bupati, pimpinan OPD, Camat, Sangadi, Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah dan masyarakat. (Holan)

Komentar