Bupati Bolsel Buka Kegiatan STQH Ke XXV

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Iskandar Kamaru S.Pt, Selasa (26/3/2019) secara resmi membuka kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) ke XXV tingkat Kabupaten Bolsel tahun 2019.

STQH ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan bahkan menjadi tradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa indonesia. Bupati dalam sambutannya mengatakan, kehadiran STQH senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat, mengingat event keagamanan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan daerah.

“Bagi pemerintah dan masyarakat STQH ke XXV ini memiliki nilai makna tersendiri sebagai penyejuk dan perekat kebersamaan antar masyarakat,” kata Bupati.

Dikatakannya lagi, lantunan Kalam Illahi yang menggema selama STQH, mampu menciptakan nuansa yang memberi kesejukan batin masyarakat. Disamping itu, kegiatan ini dapat menjadi forum silahturahim yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan kebersamaan lintas etnis dan agama sebagai sesama warga masyarakat di Bolsel dan Sulawesi Utara pada Umumnya.

“STQH ini juga dapat menumbuhkan gairah dan membangkitkan semangat membaca, memahami dan mengimplementasikan Al-Qur’an dan Al- Hadits untuk menghasilkan generasi milenial yang berahlakuh karimah,” jelasnya.

Dijelaskannya, Al-Qur’an sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji. Oleh karena itu, forum-forum kajian Al-Qur’an perlu digiatkan dan dikembangkan dilingkungan masyarakat.

“Melalui proses pendidikan baik formal dan informal., termasuk diantaranya melalui seleksi Al-Qur’an dalam berbagai cabag keilmuan yang diselenggarakan secara berjenjang. Demikian juga untuk Hafalan Hadits Nabi SAW,” terangnya.

Bupati juga berharap, kegiatan STQH ini tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas serimonial semata, tapi mampu menjadi momentum strategis mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai Qur’ani.

“Insya Allah lewat tahapan STQH ini, akan menghasilkan para tilawa dan Hadist yang akan mengharumkan nama daerah pada event MTQ ke XXV tingkat Kabupaten Bolsel. Semoga bisa mewakili daerah pada ajang MTQ tingkat Provinsi bahkan Nasional,” harapnya.

Pembukaan STQH ini turut disertai dengan pelantikan para Dewan Hakim STQH. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD Bolsel, perwakilan LPTQ, Forkompimda, perwakilan Kakannwil Kemenang Provinsi Sulut, Plt Kakan Menang Bolsel, para tokoh masyarakat, ketua dan segenap anggota dean hakim STQH, tamu undangan serta peserta kafilah STQH dari tujuh kecamatan yang ada di Bolsel. (Holan)

Komentar