Amalia Landjar Sosialisasikan Pentingnya Sadar Wisata Kepada Masyarakat

BOGANINEWS, BOLTIM – Ketua Laskar Manguni Indonesia (LMI) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Amalia Ramadan S Landjar SKM, menghadiri peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 tahun tingkat Kabupaten Boltim, bertempat di Desa Danau Moat, Selasa (26/3/2019)

Amalia Ramadan S Landjar SKM yang juga menjadi salah satu pembicara pada kegiatan tersebut, mengajak seluruh masyarakat terutama pemuda agar dapat menjaga kelestarian alam terutama pentingnya sadar wisata.

“Saya hanya menyampaikan materi ini. Saya dari kaum pemuda dan sebagian besar yang menerima materi adalah orang tua, namun saya bukan menggurui tapi mengajak untuk mari sama-sama pentingnya sadar wisata,” ucap Amalia.

Bagaimana peran dari kita semua terutama pemuda untuk menjaga, melestarikan lokasi wisata, juga menjaga keamanan.

“Bagaimana caranya pemuda bersatu, pemuda yang mandiri dan kreatif, juga memberikan perilaku tertib. Karena, budaya tertib adalah bagian kenyamanan dan keamanan sehari hari, apalagi bagi pengunjung yang datang,” ujar Amalia yang juga anak dari Bupati Boltim Sehan Salim Landjar.

Lanjutnya, yang merupakan tanggung jawab bersama adalah menjaga lingkungan bersih dan serasi.

“Coba setiap desa buat program beli sampah plastik kemasyarakatnya, pasti setiap warga akan selalu membersihkan halamannya. Apalagi sampah plastik yang dikumpul bisa dijual dan diolah menjadi bahan kerajinan. Itu merupakan inovatif dan kreatif,” jelas Ama sapaan akrabnya.

Dikatakan Amalia, arti wisata adalah sebuah perjalanan yang terjadi secara suka rela dan ikhlas. Menurutnya, kegiatan perjalanan yang sifatnya sementara dan tidak menetap itu seperti pandangan objek yang kita lihat.

“Nah, tentang kepariwisataan ini membuat setiap orang perlu wisata agar hidup tidak terlalu tegang. Selain itu, bisa menghilangkan stres penat, kejenuhan, dan bisa juga terapi bagi kesehatan dan pikiran. Sedangkan Wisatawan itu, semua orang yang melakukan kegiatan menuju tempat wisata yang sifatnya sementara, dan jika dia menetap berarti dia tinggal bukan wisatawan,” jelas Amalia.

Dituturkannya juga, keunikan yang ada di Boltim itu dari segi wisatanya. Di Boltim semua lengkap, dan hanya ada di satu daerah ini yakni mulai dari danaunya, pantai, pegunungannya, air terjun, air panas, taman dan spot-spot lainnya. Semuanya sangat luar biasa, tinggal kita poles dan lestarikannya serta perlu dijaga dan merawatnya.

“Salah satu contoh, saya sangat kagum dan apresiasi lokasi wisata yang ada di Desa Atoga timur. Itu luar biasa karya tangan masyarakatnya sampai ide kreatif, inovasi mengelola tempat wisata itu, serta bisa memperkerjakan masyarakat dan mendatangkan pendapatan desa dari pengunjung. Jika semuanya ini sudah ada dan tertata dengan baik, pasti akan ada kenangan momen yang indah,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Boltim Sehan Salim Landjar mengapresiasi anak muda seperti ananda Amalia yang sangat peduli terhadap lingkungan.

“Saya bangga punya anak seperti Amalia Ramadan S. Landjar. Banyak ide cemerlang yang keluar dari pemikiran ananda Amalia. Terimakasih selalu mengingatkan saya dan selalu memberikan dorongan juga saran bagi saya,” kata Bupati. (Agung)

Komentar