Seluruh Aparat Desa di Kotamobagu Ikut Pelatihan Pengelolaan Keuangan

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Rabu (13/2) menggelar pelatihan kepada seluruh aparatur pemerintahan desa yang ada di 15 desa se- Kota Kotamobagu, terkait pengelolaan keuangan di desa.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur tersebut, turut menghadirkan pemateri dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BKPP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Menurut Kepala PMD Kotamobagu Tedi Makalalag, pelatihan yang digelar hari ini berlangsung selama 2 hari. “Pengelolaan keuangan desa saat ini sudah menggunakan sistem online. Tentunya, kapasitas aparatur pemerintah desa dalam hal pengelolaan keuangan harus lebih ditingkatkan. Makanya, kita gelar pelatihan ini sebagai salah satu tahap, agar para aparatur pemerintah desa kita benar-benar bisa melakukan pengelolaan sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelas Tedi.

Untuk itu kata Tedi, demi memaksimalkan kegiatan tersebut, pihaknya juga telah mendatangkan pemateri BKPP Sulut. “Selain para aparatur desa yang terdiri dari Sangadi (kepala desa), Sekretaris Desa (Sekdes), Bendahara dan juga operator, kegiatan ini juga diikuti oleh inspektorat dan juga badan keuangan daerah,” terangnya.

Sementara itu, salah satu aparat Desa Sia, Ronal Runtunuwu mengatakan, kegiatan ini tentu sangat bermanfaat, apalagi terkait pengelolaan keuangan di desa. “Tentunya pelatihan seperti ini sangat diperlukan, agar pengelolaan keuangan di desa dapat lebih baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku pada setiap penggunaannya,” ucap Ronal. (Tr01/Ino)

Komentar