Beranda Bolmong Lahirnya Pemekaran di Bolaang Mongondow dari Ide Herson Mayulu

Lahirnya Pemekaran di Bolaang Mongondow dari Ide Herson Mayulu

0
BERBAGI
Herson Mayulu

BOGANINEWS, BOLSEL – Pemekaran Kabupaten Bolaang Mongondow pada 2007 sampai 2008 menjadi 3 Kabupaten dan 1 Kotamadya yang sekarang menjadi Kotamobagu, ternyata awalnya lahir dari ide cerdas dan pemikiran seorang Hi. Herson Mayulu.

Sejarah perjuangan pemekaran di sejumlah daerah otonom di Bolaang Mongondow Raya (BMR) ini, sempat disampaikan Herson Mayulu, yang juga Caleg DPR RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) nomor urut 2 Dapil Sulut, saat melantik ribuan tim pemenangan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), pada 18 Februari 2019 lalu.

Dari penuturan Herson, ide pemekaran Bolmong lahir dari buah pikirannya, saat masa kepemimpinan Bupati Bolmong yang saat itu di jabat oleh Marlina Moha Siahaan.

“Konsep pemekaran Bolmong Raya lahir dari otak saya. Kita memiliki tujuan mewujudkan Provinsi Bolaang Mongondow Raya,” tutur Herson.

Melalui perjuangan awal yang berhasil diwujudkan tersebut, maka untuk menuju kursi DPR RI periode 2019-2024, Herson pun bertekad ingin mewujudkan Provinsi Bolaang Mongondow Raya yang telah lama diperjuangkan.

“Untuk memperjuangkan Provinsi BMR, maka harus ada wakil rakyat di DPR RI. Provinsi BMR harus diwujudkan,” kata Herson.

Sementara itu, mantan Ketua Komisi I DPRD Bolmong periode 2004-2009, Hi Jusuf Mooduto, membenarkan apa yang disampaikan Herson Mayulu.

“Apa yang disampaikan Herson Mayulu, benar sekali. Dialah yang mencetuskan ide pemekaran bolaang mongondow,” kata Jusuf. Dikatakannya, selaku Ketua Komisi I saat itu, ia mengetuk pemekaran di DPRD Bolmong. “Ide pemekaran dari Herson Mayulu di jaman Bupati Marlina Moha Siahaan dan saya juga yang mengetuk saat di Komisi I DPRD Bolmong,” ungkap Jusuf. (Holan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.