Dispertanak Tunggu Bantuan Alsintan Dari Pemerintah Pusat

BOGANINEWS, BOLTIM – Dinas Pertanian (Dispertanak) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tahun 2019 ini, masih menunggu bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsitan) yang telah diusulkan kepada Pemerintah Pusat.

Menurut Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Lam Paputungan, fasilitas Alsintan yang paling banyak diusulkan oleh masyarakat tani seperti Handtraktor, alat taman jagung, dan mesin rontok padi.

“Usulan masih seperti di tahun 2018, namun kami masih menunggu dari pusat apa saja alat bantuan pertanian yang akang di suplay. Juga sesuai usulan proposal Klompok Tani (Poktan),” terang Paputungan, Kamis (07/02/2019) pada awak media BoganiNews.

Karena ini masih awal tahun 2019, kami masih menunggu suplay alat bantuan dari pusat, “Bantuan Alsintan untuk kelompok tani sesuai proposal yang mereka masukan ke kita, karena ini semua masuk di angaran APBN, makanya menunggu suplay barang dari pusat,” lanjutnya.

Sementara untuk 2018 lalu kata Lam, semua bantuan Alsintan sudah disalurkan. Namun yang disesalkan ada kelompok tani yang sampai saat ini belum mengambil Alsintan yang mereka usulkan itu.

“Ada alat tanam jagung, mesin rontok padi, itu belum di ambil oleh kelompok tani (Poktan) hingga tahun 2019 ini. Kami sudah menyampaikan ke kelompok tani, namun mereka beralasan nanti menunggu kesempatan untuk mengambilnya. Bisa saja mereka menunggu kendaraan untuk mengangkutnya, namun yang terpenting mereka sudah menandatangani berita acara tinggal mengambilnya,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan, pengembangan dibidang pertanian ini memiliki peran strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan yang saat ini didominasi oleh petani. “Tentunya sektor pertanian sangat penting meningkatkan kesejahteraan para petani,” tambahnya. (Agung)