Deteksi Kanker Rahim, Dinkes Boltim Bersama BKKBN Sulut Gelar IVA Tes

BOGANINEWS, BOLTIM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolaang Mongondow Timur bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Sulut, Kamis (21/2/2019) menggelar kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Acetat) Tes gratis bagi 400 ibu-ibu, yang bertempat di Puskesmas Modayag, Kecamatan Modayag Barat.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua TP – PKK Boltim Ny Nursiwin Yunus Dunggio SAP, Ketua Yayasan Kanker Provinsi Sulut, Ketua Pokja IV TP – PKK Provinsi Sulut Dr. Linda Matali, Kepala Dinkes Boltim Eko Marsidi SKM, M.Kes, tokoh perempuan Amalia Ramadan S Landjar SKM, dan Dokter Ahli Kandungan Tarti Manoppo Mkes, SpoG.

Menurut Kepala Dinkes Boltim, Eko Marsidi SKM M.Kes, pemeriksaan IVA TES ini untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini secara manual, cepat, praktis dan akurat.

“Dengan IVA Tes ini, kita dapat mengetahui apa kita kena kanker rahim atau tidak. Untuk mendeteksi kanker sejak dini, ada asam yang akan dipoles di mulut rahim jika ada tanda tandanya,” jelas Eko

Untuk terhindar dari kanker itu kata Eko, upayakan jangan berhubungan seksual di usia dini. Terutama, dibawah 18 tahun bagi anak-anak akan mengakibatkan potensi besar kanker rahim. kedua, suka ganti pasangan dalam berhubungan, dan kebiasaan perempuan yang suka merokok, itu potensi kena kanker,” kata Kadis.

Sementara itu, Ketua TP – PKK Boltim, Ny Nursiwin Yunus Dunggio SAP, pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih pada ibu – ibu atas kehadirannya untuk memeriksa.

“Selamat datang ibu – ibu, saya berterima kasih atas antusias masyarakat di Kecamatan Modayag, karena sudah mau datang memeriksakan kesehatannya, terlebih tentang IVA TES. Jangan malu-malu untuk memeriksakan diri. Jangan sampai nanti sudah sakit baru datang memeriksa, karena ini pemeriksaan dan pengobatan gratis,” jelas Nursiwin yang juga istri Bupati Boltim Sehan Salim Landjar.

Selanjutnya kata Nursiwin, bagi Tim Penggerak PKK Kecamatan untuk segera masukan data tentang kegiatan ini “Agar semuanya ini akan dimasukkan di program kerjanya PKK. Dagi ibu- ibu, semoga kalian dapat mengikuti sosialisasi ini, mendapat ilmu dari hasil sosialisasi IVA tes dan ilmu itu dapat berguna untuk kita semua,” pinta Umy Siwin sapaan akrabnya. (Agung)

Komentar