Kaidipang – Pinogaluman Dijuluki Dapil Neraka

BOGANINEWS, BOLMUT – Perhelatan politik di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) jelang Pemilihan Legislatif (Pileg) yang akan dilaksanakan April 2019 mendatang, terus memanas. Persaingan para kandidat semakin ketat untuk meraih simpati rakyat.

Tak hanya itu, para elit politik pun tak tanggung-tanggung menargetkan kursi untuk menguasai parlemen. Menariknya, dari sejumlah daerah pemilihan (dapil) di Bolmut, dapil satu yaitu Kaidipang dan Pinogaluman di sebut-sebut sebagai dapil “Neraka”.

Dua kecamatan yang menjadi satu dapil ini, telah menghadirkan para kontestan yang sudah mengakar di dunia politik. Ada beberapa politisi senior di dapil neraka tersebut diantaranya, Saiful Ambarak (Ketua DPRD), Salim Bin Abdulah (Wakil Ketua DPRD), Suriyansyah Korompot (Mantan Wakil Bupati) dan Arman Lumoto (Mantan Wakil Ketua DPRD).

Menurut pengamat politik Bolmut Gandi Goma, para politisi di dapil I Kaidipang dan Pinogaluman, merupakan politisi senior di Bolmut yang pernah mendominasi kursi di parlemen. Bahkan ke empat politisi ini tidak asing lagi dikalangan masyarakat, karena kerap bertarung pada hajatan politik di Bolmut.

“Seperti Saiful Ambarak yang saat ini menjabat Ketua DPRD Bolmut dari Partai Golkar, merupakan politisi penyumbang suara yang cukup signifikan sehingga mengantarkan Partai Golkar berkuasa di parlemen. Begitu juga dengan Suriansyah Korompot, mantan Wakil Bupati Bolmut periode 2013-2018 yang maju lewat Partai Perindo, sudah memiliki masa militan yang di kenal dengan barisan Suriansyah Korompot Center (SKC). Selain itu, Suriansyah pernah tercatat dalam Pemilu legislatif 2009, telah meraup suara terbanyak di dapil Kaidipang Pinogaluman,” terang Gandi.

Ia juga memaparkan, belakangan pertarungan politik sudah semakin panas, lantaran satu pesohor politik yang tak asing lagi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Salim Bin Abdulah, yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD, tampil dengan strategi mumpuni, dengan di topang ketokohan Bupati Bolmut Depri Pontoh yang juga menjabat Ketua DPW PPP Sulut.

Sementara itu, Arman Lumoto mantan Wakil Ketua DPRD Bolmut yang maju lewat Partai Nasdem, memiliki rekam jejak dua periode sebagai wakil rakyat dengan memiliki basis masa militan. “Persaingan ini mulai menyempurnakan asumsi publik, bahwa wilayah Kecamatan Kaidipang dan Kecamatan Pinogaluman menjadi dapil Neraka bagi para politisi kawakan di banding dua dapil lainnya,” ungkap Gandi. (WaOne)

Komentar