2019 Disiplin dan Kinerja ASN dan Aparat Desa di Boltim Wajib Ditingkatkan

BOGANINEWS, BOLTIM – Usai libur panjang menyambut Natal dan Tahun baru 2019, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Sangadi dan Aparat Desa di lingkup Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Kamis (03/01/2019) mengikuti apel kerja perdana di halaman kantor Bupati.

Apel ini dipimpin langsung oleh Bupati Sehan Landjar SH, yang langsung diawali dengan laporan kehadiran ASN maupun tenaga honorer di semua SKPD dan Desa. Tak sedikit SKPD maupun Desa yang ASN dan aparatnya tidak hadir tanpa keterangan. Bahkan, kurang lebih 20 desa baik Sangadi maupun perangkatnya tidak hadir. Kendati demikian, terdapat beberapa SKPD yang ASN serta tenaga honorernya hadir 100 persen.

Bupati dalam penyampaiannya kembali menegaskan soal tingkat kedisiplinan ASN. Selain itu, kinerja ASN dan aparat Desa juga wajib ditingkatkan. “Lewat momentum tahun baru ini, kita wajib tingkatkan kedisiplinan dan kinerja. Haram hukumnya bermalas-malasan. Saya tahu jika ada ASN yang kerja ogah-ogahan, tapi gaji dan TKD-nya di terima full. Ini jelas tidak adil untuk ASN maupun honorer lain yang setiap hari kerja keras. Untuk itu, absen yang telah di kumpul oleh BPKSDM hari ini, Saya minta agar dimasukkan ke ruangan Saya,” tegas Bupati.

Lanjutnya, berdasarkan laporan yang telah disampaikan oleh para pimpinan SKPD maupun Sangadi, untuk ASN yang tidak mengikuti apel tanpa keterangan, TKD-nya di potong 50 persen. Sedangkan tenaga honorer di instruksikan untuk diberhentikan. Sementara untuk aparat Desa yang tidak disiplin, Bupati menginstruksikan untuk dilakukan usulan pergantian lewat prosedur yang berlaku dalam Perbup, yakni diusulkan lewat Pemerintah Kecamatan setempat.

“ASN yang tidak hadir tanpa keterangan, sudah saya instruksikan kepada badan keuangan agar TKD mereka di potong 50 persen. Sedangkan untuk honorer langsung dipecat saja. Saya pikir sudah cukup waktu libur, jangan ada lagi yang tambah libur, apalagi tanpa keterangan yang masuk akal,” kata Bupati.

Bupati juga mengatakan, usai pelaksanaan apel kerja, akan dilanjutkan dengan rapat evaluasi dengan seluruh pimpinan SKPD, terkait penggunaan anggaran APBD tahun 2018. Dilanjutkan hari Jumat (04/01) rapat evaluasi dengan seluruh Sangadi se Kabupaten Boltim.

“Dalam rapat tersebut akan kita lakukan evaluasi, tidak menutup kemungkinan, hasilnya nanti akan menjadi pertimbangan tim baperjakat. Untuk itu Saya mengajak kita semua agar di tahun baru ini, mari tanamkan spirit dan semangat kerja yang baru, karena di tahun baru ini pasti akan ada sesuatu yang baru pula,” terang Bupati. (Agung)

Komentar