Pemkab Bolsel Gelar Sosialisasi Sistem Inovasi Daerah

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, diwakili Asisten III Ridel Paputungan, Rabu (12/12) membuka kegiatan Sosialisasi Sistem Inovasi Daerah Tahun 2018,  bertempat di Kantor Bapelitbangda Bolsel.

Ridel Paputungan saat membacakan sambutan Bupati menyampaikan, sosialisasi ini bertujuan dalam rangka peningkatan kapasitas pemerintahan daerah, serta master plan percepatan dan penguatan sistem inovasi daerah secara terarah dan berkesinambungan. “Inovasi daerah ini untuk menumbuh kembangkan inovasi yang dilakukan antar institusi pemerintah, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, lembaga penunjang inovasi, dunia usaha dan masyarakat di daerah,” jelasnya.

Lanjutnya, hal yang mendasari sistem informasi daerah kabupaten Bolsel yakni adanya daya saing daerah yang ditentukan oleh kemampuan pemanfaatan modal melalui inovasi dan kompetisi global, serta intrepreneurship atau jiwa kewirausahaan masyarakat. “Sosialisasi ini juga bertujuan mendayagunakan segenap potensi pembangunan, secara efisien guna menghasilkan pertumbuhan ekonomi berkualitas secara berkelanjutan, mengembangkan daya saing daerah melalui inovasi, proteksi terhadap sektor ekonomi lokal yang daya saingnya masih rendah dengan membentuk jejaring, serta menciptakan kebijakan berdasarkan asas keberlanjutan yang berwawasan lingkungan,” paparnya.

Ia juga berharap, kegiatan inovasi daerah Kabupaten Bolsel tahun 2018  dapat dilakukan dengan penuh kesungguhan, serta dapat memberikan masukan sebagai nilai tambah, sehingga prinsip-prinsip dasar pengembangan inovasi daerah dapat terlaksana dengan baik. “Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan nilai positif untuk inovasi daerah,” tambahnya.

Diketahui, sosialisasi tersebut turut dihadiri Kepala Bapelitbangda Provinsi Sulut Jemmy Lampus, Kabid Inovasi dan Teknologi Balitbangda Sulut Deny Ramon Tatuwo, Bapelitbangda Bolsel serta Pimpinan OPD, serta Pejabat Eselon II, III dan IV. (Holan)

Komentar