Seminar Budaya Bolaang Mongondow Digelar di Kotamobagu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) menggelar seminar adat dan kebudayaan Bolaang Mongondow, Rabu (21/11).

Kegiatan yang dilaksanakan di Lembah Bening Resto tersebut, dibuka oleh Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Kerniawan, yang dalam sambutannya mengatakan seni, adat, dan budaya daerah merupakan cermin kepribadian dari sebuah masyarakat sehingga seluruh masyarakat harus dapat mempertahankannya serta harus dapat melestarikan.

“Saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat di Kota Kotamobagu agar mari kita semua terus melestarikan nilai – nilai seni, adat, dan budaya Bolaang Mongondow,” pinta Nayodo.

Ia pun berharap kegiatan ini dapat menjadi forum bagi para generasi muda di Kota Kotamobagu dalam menambah serta meningkatkan pengetahuan tentang seni, adat dan budaya Bolaang Mongondow. “Semoga lewat kegiatan ini para generasi muda di daerah kita bisa lebih mendalami tentang adat dan kebudayaan daerah yang sama sama kita cintai ini,” harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Disparbud Kotamobagu Moch Agung Adati menjelaskan, dilaksanakannya seminar tersebut diharapkan akan dapat menghasilkan berbagai rekomendasi penting yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan masukan bagi upaya pelestarian seni, adat dan budaya Bolaang Mongondow.

“Selain melaksanakan kegiatan seminar, Disparbud  Kotamobagu juga akan terus melakukan inventarisasi terhadap sejumlah kesenian dan tradisi lokal yang mungkin selama ini sudah hampir punah, untuk dapat dipentaskan kembali ke tengah – tengah masyarakat sebagai bagian dari revitalisasi dan reaktualisasi seni, adat dan budaya,” jelas Adati.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh pimpinan OPDPemkot Kotamobagu,  akademisi, tokoh adat, tokoh masyarakat dan LSM di Kotamobagu serta sejumlah budayawan. (tr01/Ino)

Komentar