Pemkab Bolsel Gelar Peringatan HGN

BOGANINEWS, BOLSEL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kamis (29/11) menggelar upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2018, di halaman perkantoran Bupati. Pada peringatan HGN tahun ini mengusung tema “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI”.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, saat menjadi pembina upacara peringatan HGN membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Muhadjir Effendy menekankan beberapa hal diantaranya revolusi industri yang sudah merambah ke semua sektor termasuk pendidikan. Sehingga diperlakukan guru yang profesional dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang super cepat untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada satuan pendidikan, untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dengan kompetensi global.

“Tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi setiap peserta didik,” kata Sekda. Lanjutnya, profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian. Guru tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan, tetapi menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupan, termasuk pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak. “Meski teknologi informasi terus berkembang, tetapi peran guru sebagai pendidik tidak akan tergantikan,” ucapnya.

Sekda juga mengajak semua peserta upacara untuk berdoa agar martabat guru semakin dijunjung tinggi seiring dengan meningkatnya profesionalisme, yang diikuti dengan peningkatan kesejahteraan dan dedikasi dalam menjalankan tugas.

“Atas nama pribadi dan pemerintah Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen dan ikhtiar yang telah dilakukan para guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” ucapnya. (Holan)

Komentar