Bupati Buka Pelaksanaan CAT CPNS Bolsel

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, Sabtu (3/11) sekira pukul 07:30 WITA, membuka pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sitem Computer Assited Test (CAT) tahun 2018. Pelaksanaan CAT CPNS di Bolsel ini, dipusatkan di kawasan perkantoran Pemkab Bolsel di Panango dan berlangsung selama tujuh hari hingga Jumat (9/11).

Dalam sambutanya Bupati menyampaikan selamat bagi peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi verifikasi administrasi oleh pihak panitia dan berhak mengikuti ujian seleksi SKD d bebasis computer asissted test (CAT). “Selamat datang kepada peserta yang berasal dari luar Kabupaten Bolsel dan Provinsi Sulut. Inilah kami yang ada di Bolsel,” ucap Bupati.


Ia juga menjelaskan ujian CPNS ini mencakup tiga bagian yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), untuk menilai  pengusaan pengetahuan dan kemampuan untuk mengingplementasikan Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara, Bahasa Indonesia, UUD 1945, Bineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kemudian Tes Intelegensi Umum (TIU) yang bertujuan untuk menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan, kemapuan numerik atau kemampuan menghitung dan melihat rangkaian angka-angka. Dan untuk Tess Karakteristik Pribadi (TKP) mencakup hal-hal yang berkaitan denga pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring  kerja, integritas diri, serta semangat untuk terus berprestasi diberbagai bidang.

“Dari ketiga bagian tes yang dimaksud mempunyai ambang batas nilai yang harus dipenuhi. Hal ini sesuai dengan peraturan MenPAN-RB Nomor 37 Tahun 2018 tentang ambang batas seleksi kompetensi dasar. Untuk nilai passing grade TKP 143, TIU 80 dan TWK 75. Sementara ambang batas SKD dimaksudkan untuk menjadi putra- putri bangsa yang siap mengabdi sebagai abdi negara, sebagai pelayan masyarakat yang berjiwa nasionalis, tangguh, cerdas dan bijak dalam menangani berbagai persoalan dalam proses penyelenggaraan pemerintahan,” terang Bupati.

Ia juga menghimbau, kepada seluruh peserta agar tetap percaya diri sendiri, karena ini merupakan kompetisi untuk melawan kemampuan pribadi. Yakinlah bahwa CAT memberikan penilaian yang sangat objektif terhadap kemampuan masing-masing dan disaksikan langsung oleh masyarakat yang ada disekitar. “Hasil yang di capai diketahui sesaat setelah selesai mengikuti tes. Apapun hasil yang kalian capai, baik keberhasilan maupun kegagalan, jadikan cambuk penyemangat untuk berbuat hal-hal positif dalam upaya membangun dan memajukan bangsa dan negara yang kita cintai ini,” ucap Bupati memberikan suport kepada seluruh peserta ujian CAT CPNS.

Diketahui, dari tahapan pengadaan CPNS di Bolsel, sebanyak 2126 pelamar yang mendaftar. Namun hanya 1.656 yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan 470 orang yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Sementara itu, pelaksanaan CAT CPNS di Bolsel ini, turut dihadiri Sekda Bolsel Marzansius Arvan Ohy, Asisten III Ridel Paputungan, Kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusian (BKPSD)Bolsel Arsalan Makalalag, serta teknisi Regional XI Manado. (Advetorial)

Komentar