Bupati Bolsel Lantik Sangadi Sinandaka

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, Selasa (13/11) melantik Fanti Koi sebagai Sangadi (Kepala Desa) Sinandaka, Kecamatan Helumo. Pelantikan Sangadi tersebut dilaksanakan di Desa Sinandaka sekira pukul 10.00 WITA.

Bupati Bolsel saat memberikan sambutan pada pelantikan Sangadi Sinandaka.

Dalam sambutannya Bupati berpesan, bahwa Sangadi adalah ujung tombak pembangunan di desa. Sehingga Sangadi harus mampu merangkul seluruh masyarakat dalam mensukseskan program desa. “Rajut kembali semua perbedaan yang sempat terkotak-kotak saat Pemilhan Sangadi lalu,” pinta Bupati.

Bupati juga menyampaikan, meski Sangadi yang dilantik saat ini hanya Pergantian Antar Waktu (PAW) yang di pilih melalui lembaga-lembaga desa, namun resmi sebagai Sangadi definitif yang akan menjalankan roda pemerintahan di desa, serta bertugas sejak dilantik sampai dengan tahun 2022 mendatang.

“Ini adalah amanah yang harus dilaksanakan dan dipertanggung jawabkan. Bagi saya, dalam setiap pesta demokrasi atau pemilihan apapun namanya, maka prinsip saya hanya ada dua yaitu, jika menang maka saya ucapkan Astagfirullah dan jika kalah saya mengucapkan Alhamdulillah. Kenapa demikian, karena yang kalah itu berarti belum rezeki dan tuhan pasti sediakan tempat lain untuk kita. Dan ucapan Astagfirullah, karena ini adalah jabatan dan amanah yang harus di pertanggung jawabkan,” terang Kamaru.

Bupati juga mengingatkan agar Sangadi harus siap menerima kritik dan saran dari masyarakat. “Jika itu untuk perbaikan pembangunan desa, maka harus diterima,” ucapnya. Terkait dengan program pemerintah, Bupati meminta kepada seluruh Sangadi untuk terus melakukan pemberantasan terhadap peredaran minuman keras (miras). “Sebagai daerah religius, kita tidak ada toleransi dengan namanya miras,” tegasnya.

Lanjutnya, untuk Program Ibadah Subuh Bersama (PISB) harus terus dilaksanakan. “Sebagai motivasi dalam pelaksanaan Sholat di Masjid, saya memberikan satu buah gencet 950 watt untuk membantu penerangan jika terjadi pemadaman listrik,” kata Bupati.

Di tempat yang sama, Bupati juga meminta agar Sangadi harus terlebih dahulu mengetahui setiap permasalahan yang ada di desa. Jangan sampai terjadi, ketika Bupati berada di suatu desa pada kegiatan kemasyarakatan, justru Sangadi-nya tidak berada di tempat. “Begitu juga dengan Camat, harus selalu berada di wilayahnya,” pinta Bupati.

Di akhir sambutan, Bupati mengucapkan selamat kepada Sangadi yang baru dilantik dan ucapkan terima kasih kepada penjabat Sangadi lama. Turut hadir pada pelantikan Sangadi Sinandaka diantaranya pimpinan OPD, Camat Helumo, Kapolsek Urban, Perwira Penghubung, serta ratusan masyarakat Desa Sinandaka. (Holan)

Komentar