Wali Kota Serahkan Bantuan Alsitan Kepada 127 Kelompok Tani

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu, Ir Tatong Bara, Senin (1/10) menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsitan) kepada 127 Kelompok Tani (Poktan).

Penyerahan secara simbolis tersebut, dilakukan Wali Kota usai memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Hotinimbang Kotamobagu. Wali Kota mengatakan, alat pertanian tersebut merupakan tindak lanjut dari permintaannya pada Dirjen perkebunan beberapa waktu lalu. “Bantuan ini atas permintaan saya kepada Dirjen Pertanian yang datang di Bolmong beberapa Waktu lalu. saya minta bantuan ini termasuk Satu Unit Excapator. Meski luas lahan pertanian kita tidak terlalu luas namun kita juga harus mewujudkan swasembada pangan,”kata Wali Kota.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kotamobagu, Muljadi Suratenodjo, antuan tersebut merupakan upaya Pemerintah dalam memajukan sektor pertanian di Kotamobagu.

“Dengan bantuan itu, tentu dapat mempermudah petani dalam menggarap lahannya, sehingga diharapkan bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dimana untuk meningkatkan produksi tanaman para petani dan lebih menopang ekonomi para petani,”jelas  Muljadi.

Adapaun bantuan tersebut berupa excavator mini 1 unit, tractor roda empat  6 unit, tractor roda dua 24 unit, cultivator 5 unit, pompa air 10 unit handsprayer 76 unit dan mesin potong rumput 15 unit. “Anggarannya kurang lebih  Rp 4 Miliar berasal dari dana tugas pembantuan Provinsi Sulut, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kotamobagu 2018 dan APBN,” ungkapnya. (tr01/Ino)