Pemkab Bolsel Hadiri Konsultasi Publik RPHJP KPHP Unit II

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, di wakili Asisten III Pemkab Bolsel Ridel Paputungan, Selasa (30/10) menghadiri kegiatan konsultasi publik Rencana Pengelolaan Hutan Jangkah Panjang (RPHJP) Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Unit II Bolsel dan Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Provinsi Sulut, bertempat di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Menurut Ridel Paputungan, konsultasi publik tersebut pada intinya untuk menyamakan persepsi antara Pemkab Bolsel dan Boltim yang berada di kawasan KPHP unit II, untuk saling bersinergi guna mewujudkan pengelolaan hutan yang lestari. Sebab kompleksitas permasalahan kehutanan memerlukan upaya penyelesaian secara holistik, dengan melibatkan berbagai pihak dari berbagai sektor terkait, baik Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten, termasuk masyarakat di yang ada di kawasan hutan.

“Peranan hutan penyangga ekosistem kehidupan manusia sangatlah penting, sehingga dibutuhkan pengelolaan yang baik agar terwujudnya hutan yang lestari,” kata Ridel. Lanjutnya, tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut sebagai acuan bagi seluruh pemangku kepentingan guna mewujudkan pengelolaan sumber daya hutan sesuai arah pengembangan yang disepakati. “Pengelolaan kawasan hutan akan semakin efektif dan efisien, dan yang terpenting keberadaan kawasan hutan dapat membawa kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Diketahui, konsultasi publik rencana pengelolaan hutan jangkah panjang tersebut, turut dihadiri Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulut, James Hutagaol, pihak Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BPHP) Wilayah XII Palu, serta sejumlah instansi teknis lintas sektoral. (Holan)

Komentar