Iskandar Kamaru dan Herson Mayulu Disambut Adat Mongondow

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru dan mantan Bupati Bolsel Hi. Herson Mayulu (H2M) disambut dan dilepas dengan adat Mongondow di Kecamatan Pinolosian, Minggu (21/10).

Para petinggi daerah ini tampil kompak menggunakan seragam adat berwarna merah melangkah menuju panggung utama di iringi tarian pedang suku Mongondow yang paling banyak bermukim di wilayah Pinolosian Bersatu.

Pada acara adat tersebut Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, bersama istri Selvian Kamaru Manoppo yang merupakan Ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) disambut dengan adat Mongondow. Sementara mantan Bupati H2M dilepas secara adat sebagai Bupati Guhanga dan menerima gelar adat sebagai ‘Ki Kolano Nonombu Bo Nolintak Kon Lipu’.

Ribuan masyrakat yang menunggu kehadiran para petinggi daerah ini menyambut kehadiran mereka dengan sorakan dan tepuk tangan gembira. Pada kesempatan tersebut, H2M berterima kasih kemudian mengajak masyarakat untuk mebangun daerah menjaga semboyan yang dibangun untuk kuatnya ikatan persaudaraan.

“Saya dan pak Iskandar tidak bisa bekerja tanpa dorongan dan doa dari semua masyarakat Bolsel. Saya sangat berterima kasih kepada semua masyarakat. Mari kita semua tetap berpegang pada moto leluhur kita Mototanoban, Mototompian, Bo Mototabian,” ucap Herson.

Bupati dua periode ini berharap, apa yang telah dikerjakannya dan telah membuahkan hasil akan ditingkatkan lagi oleh penerusnya yaitu Bupati Iskandar Kamaru. “Sesungguhnya ini semua untuk kesejahteraan rakyat,” kata Tokoh Toleransi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Sementara itu, Iskandar Kamaru dalam sambutannya mengaku sangat terharu dengan sambutan adat yang dilakukan oleh warga Pinolosian Bersatu. Menurut Iskandar, perjuangan belum berakhir dan mari lanjutkan bersama-sama apa yang telah di kerjakan H2M selama ini. “Mari kita bersama untuk membangun daerah yang kita cintai ini. Saya sangat terharu dengan penyambutan ini, saya mohon doa agar bisa melanjutkan perjuangan ini hingga akhir nanti,” pinta Kamaru.

Sekadar diketahui, sebelumnya masyarakat Kecamatan Posigadan telah menyambut H2M Bersinar melalui adat Gorontalo, dilanjutkan dengan Adat Bolango yang di laksanakan di Kecamatan Bolaang Uki dan terakhir hari ini (kemarin, red)dengan Adat Mongondow yang di laksanakan di Kecamatan Pinolosian Bersatu. (Holan)

Komentar