Herson Mayulu Dampingi Peserta MTQ Tingkat Nasional

BOGANINEWS, BOLSEL – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 27 Tingkat Nasional tahun 2018 dilaksanakan di Medan Sumatera Utara (Sumut). Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sendiri mengirim 38 Qori dan Qoriah terbaik untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut.

Menurut Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sulut Hi Herson Mayulu (H2M), para peserta yang menjadi utusan Sulut ini, merupakan Qori dan Qoriah terbaik hasil seleksi di tingkat provinsi. “Ada 38 peserta utusan Sulut ikut MTQ tingkat Nasional,” kata Herson.

Dikatakannya, kontingen tersebut dilepas oleh pemerintah provinsi yang ikut didampingi 39 orang serta Kakanwil Depag Sulut Hi. Rasyid Gandon. Pada ajang Nasional ini, Pemerintah provinsi Sulut percaya 38 peserta yang dikirim akan membawa nama harum Sulut. “Dengan dilakukannya seleksi baik di tingkat kabupaten dan provinsi yang dilakukan dengan ketat, telah melahirkan qori dan qoriah yang berkualitas yang mampu bersaing hingga ke tingkat Nasional,” ungkap Bupati Bolsel dua periode ini.

Herson juga meminta, agar para peserta yang akan mengikuti MTQ tersebut, dapat menjaga kesehatan dan kedisiplinan waktu. “Demikian juga dengan ketua rombongan dapat melakukan pengaturan dan pendampingan dengan baik,” pintanya. H2M juga mengungkapkan, sebagai bentuk perhatian Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Pemerintah Provinsi telah menyiapkan dana sebesar Rp 1.5 miliar. “Saat ini semua peserta dan pendamping dari Sulut sudah berada Medan, sekaligus menghadiri malam Ta’ruf Musabaqoh Tilawatil Quran ke 27 tahun 2018,” jelas tokoh toleransi Sulut ini.

Diketahui, acara tersebut diawali dengan penyerahan Bendera MTQ Nasional dan Piala Presiden RI oleh Sekum LPTQ Nasional yang diterima oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara sebagai tuan tumah. Pembukaannya dilaksanakan pada Minggu 7 Oktober 2018 pukul 19.30 oleh Presiden RI.

Turut hadir pada MTQ Nasional ini diantaranya, Menteri Agama RI diwakili Direktur Pembinaan Agama Islam Kementerian Agama RI sekaligus Sekum LPTQ Nasional, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, Forkopimda, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sumut, Walikota Medan para Gubernur, Bupati, Walikota dan Ketua LPTQ se–Indonesia. Juga para Dewan Juri Nasional, Kafilah tiap provinsi serta tim pendamping dari Kanwil Depag Provinsi se–Indonesia. (Holan)

Komentar