Damkar Kotamobagu Berhasil Cegah Kebakaran di Gudang Garuda Food

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Gudang milik PT Sinar Niaga Sejahtera (Garuda Food) yang terletak di Jalan AKD Kotamobagu, Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat, nyaris dilahap sijago merah. Peristiwa yang terjadi sekira pukul 11.15 WITA, Selasa (2/10) tersebu,t berhasil dipadamkan unit Damkar yang dibantu Satpol-PP Kotamobagu.

Menurut Kasi Sarana dan Prasarana Damkar Kotamobagu, Wahyudi Mokodompit, pihaknya langsung bertindak cepat saat pertama kali mendapat laporan dari pihak perusahaan tentang adanya kebakaran di gudang milik mereka.

“Beruntung setibanya dilokasi kondisi api sudah tidak besar. Para pekerja yang dibantu siswa yang bertepatan tidak jauh dari lokasi langsung melakukan pemadaman dengan alat seadanya,” jelas Wahyudi.

Menurutnya, penyebab kebakaran berasal dari arus pendek (korsleting listrik) yang sebelumnya tidak diketahui pekerja yang ada, sehingga api cepat menjalar.

“Setelah diindentifikasi ternyata penyebabnya korsleting.Api secara otomatis cepat menjalar apa lagi barang yang ada di gudang semuanya mudah terbakar.” ujar Wahyudi  kepada awak media Boganinews.com.

Pihaknya juga melakukan proses pendinginan, sehingga api benar-benar dinyatakan padam, sehingga tidak memungkinkan api menyebar. “Kami harus melakukan pendinginan agar benar – benar padam. Terlebih cuaca begitu panas sehingga tidak memungkinkan api menyebar.” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT. Sinar Niaga Sejahtera, Berti, mengungkapkan, penyebabnya akibat listrik tidak stabil. “Sering matinya listrik, sehingga  kami menggunakan genset agar aktifitas kerja berjalan terus. Akibatnya, voltase naik turun dan menyebabkan kebakaran,” ujar Berti.

Untungnya kata Berti, kondisi gudang yang berisi barang – barang minuman ringan yang terdiri dari oki jeli dring, koko dring dan lainnya,membuat api tidak terlalu banyak yang membakar. “Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah,” akunya. (Ino)

Komentar