Bawaslu Sulut Gelar Sosialisasi Partisipatif Pengawasan

BOGANINEWS, BOLMUT – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulaweai Utara (Sulut), Rabu (17/10) mengelar sosialisasi pemilihan partisipatif dalam rangka pengawasan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) anggota DPR, DPD, DPRD dan Pilpres yang akan di helat Tahun 2019 mendatang, di Cafe D’Philo Coffe, Desa Kuala Kecamatan Kaidipang.

Komisioner Bawaslu Sulut Mustarin Humangi, dalam sosialisasi tersebut mengatakan, penindakan pelanggaran tahapan Pemilu 2019 akan dilakukan secara produktif serta akan terukur secara sistematis.

“Pengawasan pelanggaran dalam penindakan Pemilu 2019 harus dilakukan oleh seluruh steke holder mulai dari lapisan di tingkatan Desa, Kecamatan, hingga Kabupaten,” kata Mustarin.

Dikatakannya, Bawaslu sebagai lembaga yang dipercayakan oleh Negara, mempunyai wewenang dalam penanganan sengketa pada Pemilu, sangat membutuhkan peran masyarakat untuk memantau dan pengawasi segala tindakan pelanggaran tahapan Pemilu 2019.

“Sebagai lembaga yang dipercayakan negara, kami membutuhkan peran serta masyarakat dalam melakukan pengawan pelanggaran Pemilu,” akunya.

Diketahui, sosialisasi tersebut turut dihadiri pimpinan Bawaslu Sulut masing-masing Ketua Herwin Malonda, Divisi pengawasan Humas Antar Lembaga Kenly Poluan, Divisi Penindakan Pelanggaran, Mustarin Humagi dan Divisi Penyelesaian Sengketa Awaludin Umbola. Juga dihadiri Tiga Pimpinan Bawslu Bolmut Irianto Pontoh, Misrawati Pakaya dan Ebent Henzer Enok. Peserta sosialisasi dihadiri para Sangadi (Kepala desa), Pimpinan OKP, tokoh agama, lembaga adat dan para jurnalis. (WaOne)

Komentar