Wakili Herson Mayulu Sekda Bolsel Berikan Kuliah Umum di STT

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), H. Herson Mayulu, SIP (H2M), diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Marzanzius Arvan Ohy, S.STP memenuhi undangan wisuda mahasiswa Gembala Sidang S1 dan S2 Sekolah Tinggi Theologia (SST) Filadelfia Langowan, yang bertempat di Geraja IFGF Gisi Winangun Manado.

Pada acara wisuda tersebut, Sekda membawakan kuliah umum Bupati Bolsel dengan judul “Merawat Kerukunan”. Dihadapan sidang senat terbuka, Sekda memaparkan Visi dan Misi Pemkab Bolsel yakni mewujudkan kabupaten religius. “Wujud nyata dari visi ini melalui Program Ibadah Subuh Bersama (PISB) untuk lintas agama, baik Islam, Kristen dan Hindu,” jelas Sekda.

Lanjutnya, PISB yang dilaksanakan setiap hari Jumat subuh, sudah berlangsung sejak 2 tahun. “Begitu juga dengan sarana dan prasarana rumah ibadah yang representatif, sudah dibangun Pemerintah Daerah di kawasan pemerintahan yaitu Masjid, Gereja dan Pure, dengan menggunakan APBD,” terang Arvan.

Tak hanya itu, tapi H2M terus melakukan terobosan dengan menciptakan kerukunan umat beragama di Kabupaten Bolsel. “Masyarakat Bolsel terbagi dari beberapa etnis dan agama, tapi kerukunan hingga kini masih tetap terjaga,” katanya. Selain itu, tahun ini sudah di mulai pembangunan Islamic Center yang salah satu bangunan atau ruangannya disiapkan sebagai ruangan Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSUA) maupun Pondok Pesantren sebagai pusat pendidikan agama.

“Inilah alasan mendasar H2M agar kerukunan beragama dapat tercipta melalui pendidikan Moral, Ahklak dan Watak melalui pemahaman nilai-nilai luhur keagamaan, melalui Program Ibadah Subuh Bersama, yang dilaksanakan secara rutin yang bermuara pada kesepahaman, keselarasan dalam mewujudkan cita – cita mulia torang samua ciptaan Tuhan dalam bingkai persatuan dan kesatuan yang luhur dan abadi,” papar Sekda.

Dijelaskannya lagi, urgensi inilah sehingga Imam Besar Masjidil Haram, GSJA Wilayah SulutGo, PGI dan Koran SINDO menganugerahkan dan memberikan Penghargaan sebagai Kepala Daerah yang sangat luar biasa dalam menjaga, mewujudkan dan mempertahankan kerukunan umat beragama. “Berbagai penghargaan telah diraih H2M dari berbagai organisasi keagamaan maupun lembaga, karena dinilai sukses membawa visi daerah yang religius,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua STT Filadefia Dr. Tat Surentu, M.Th dan seluruh Civitas Akademika, khususnya para wisudawan-wisudawati mengucapkan terima kasihnya kepada H2M sebagai tokoh toleransi Sulut. “Atas nama seluruh Civitas Akademika, kami mengucapkan terima kasih kepada bapak H. Herson Mayulu, yang merupakan tokoh toleransi di Sulut,” ucap Dr. Tat Surentu. (Holan)

Komentar