Wabup Bolsel Buka Program Bursa Inovasi Desa

BOGANINEWS BOLSEL – Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selata (Bolsel) Iskandar Kamaru, SPt. Senin (10/9) membuka pelaksanaan program Bursa Inovasi Desa yang dilaksanakan di gedung Grand Fajar Soguo.

Wabub dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan bursa inovasi desa ini merupakan upaya pemerintah dalam mewujudkan program Nawacita Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas.

“Bolsel merupakan daerah pertama melaksanakan program bursa inovasi desa di Sulawesi Utara. Kegiatan bursa inovasi desa dapat diselenggarakan di tingkat kabupaten sebagai kegiatan peluncuran pendukung pelaksanaan inovasi guna membatu desa dalam melaksanakan kegiatan yang inovatif,” terang Wabup.

Sementara itu, staf ahli Bidang Pengembangan Wilayah dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDT) Conrad Hendarto menyampaikan, ada empat program prioritas yang menjadi target Kemendes sejalan dengan program Nawacita yang dilaksanakan di seluruh wilayah NKRI termasuk di Bolsel.

“Diantarannya menciptakan prodak unggulan, kawasan pedesaan, BUMDes, pembangunan lumbung desa, serta sarana dan prasarana desa,” jelasnya. Hendarto juga mengapresiasi prestasi yang di raih Pemkab Bolsel. “Kehadiran Dana Desa telah memacu pembangunan di wilayah pedesaaan, dimana muatannya bertujuan untuk menurunkan angka kemiskinan 13,2 persen secara Nasional sebagai target,” ungkapnya.

Turut hadir pada kegiatan bursa inovasi tersebut diantaranya pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Dinas PMD Provinsi, para Camat, koordintor program inovasi desa, pendamping desa dan pendamping lokal desa, Sangadi (kepala desa) dan aparat desa, serta ketua dan anggota BPD. (Advetorial)

Komentar