Bupati Bolsel Lantik Sangadi Lion

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), H. Herson Mayulu SIP (H2M), Senin (17/9) sekira pukul 10.00 WITA, melantik dan mengukuhkan Zulkarnain Mouko sebagai Sangadi (kepala desa) Lion, Kecamatan Posigadan. Pelantikan Sangadi tersebut digelar di lapangan Desa Lion, yang disaksikan ratusan masyarakat setempat.

Bupati dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Sangadi terpilih yang baru dilantik, serta mengucapkan terimah kasih juga kepada Rosna Botutihe mantan Sangadi yang telah berakhir masa jabatannya. “Kepada Sangadi yang baru dilantik, perlu saya ingatkan bahwa Sangadi adalah ujung tombak pemerintah di tingkat desa. Begitu juga kepada semua Sangadi, bertanggung jawab kepada Bupati melalui Camat. Sehingga setiap ada persoalan harus dikoordinasikan dengan Camat,” kata Bupati.

Bupati juga menyampaikan, bahwa daerah ini sudah sepakat dengan Visi mewujudkan Bolsel yang Religius, Bermartabat, Berbudaya, Maju dan Sejahterah. “Visi ini mengandung dua makna penting. Pertama masyarakatnya harus memiliki iman dan taqwa, dimana Religius, Berbudaya, Bermartabat adalah tujuan untuk peningkatan iman dan taqwa. Sedangkan masyarakat yang ingin maju untuk mencapai kesejahteraan, maka harus menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi,” terang Bupati.

Ia juga mengingatkan kepada para Sangadi dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (Dandes), harus tetap berada pada koridornya yaitu taat hukum dan taat asas. “Jangan coba-coba menyalahi aturan,” tegasnya. Bupati meminta kepada Sangadi terpilih, agar kembali menyatukan masyarakat dimana pada saat pemilihan lalu berbeda pilihan. “Rangkul kembali masyarakat, karena maju tidaknya Desa Lion, bukan tergantung dari masyarakat dari desa lain, tetapi tergantung dari masyarakat Lion sendiri,” ucapnya.

Bupati juga mengungkapkan, bahwa dari Desa Lion, dirinya pertama kali menyatakan maju sebagai calon Bupati pada tahun 2010 silam. “Hari ini, Saya terakhir bersama masyarakat hadir di acara pemerintah. Ada awal pasti ada akhir. Saya atas nama pribadI dan keluarga mohon pamit. Terlalu banyak kenangan di Desa Lion ini,” ungkapnya.

Bupati juga mengatakan, bahwa dirinya juga pertama menyatakan maju sebagai calon DPR-RI 2019, berawal dari Desa Lion. “Saya berani mencalonkan diri untuk maju ke DPR-RI, demi Bolsel Bolaang Mongondow Raya, karena perlu ada perwakilan di DPR-RI. Maka tolong ihklaskan Saya kesenayan,” pintanya.

Turut hadir pada pelantikan Sangadi tersebut diantaranya Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, para pimpinan OPD, Kapolsek Posigadan, seluruh Sangadi se Posigadan dan masyarakat. (Advetorial)

Komentar