Budidaya Tanaman Kakao Yang Menghasilkan Jutaan Rupiah

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU  – Perkembangan budidaya tanaman kakao di Kota Kotamobagu terus berkembang. Kebutuhan akan tanaman tersebut tidak lepas atas peran pentingnya dalam perkembangan ekonomi.

Di Kota Kotamobagu sendiri, tanaman kakao banyak di budidayakan masyarakat di Kelurahan Upai, Kecamatan Kotamobagu Utara.

Keuntungan akan hasil budidaya tanaman tersebut pun mulai dirasakan oleh  warga yang sukses membudidayakannya. Seperti perkebunan kakao milik Rama Hatam, warga kelurahan Biga, Kecamatan Kotamobagu Utara, mulai merasakan keuntungan dari tanaman itu.

Menurutnya, perkebunan Kakao miliknya yang berada di Kelurahan Upai saat ini sudah berjalan selama tiga tahun.  “Di perkebunan saya ada 300 pohon kakao. Itu dipanen dua minggu sekali,” kara Hatam.

Setiap kali panen kata Rama, dirinya dapat meraih 100 Kg kakao dengan keuntungan sampai jutaan rupiah . “Tanaman kakao disini itu kualitas Sulawesi Satu dan dia berbuah terus. Makanya harganya bagus,” kata Hatam.

Untuk proses pembudidayaannya tidak terlalu sulit karena hanya dilakukan pemupukkan dan penyemprotan. “Pemerintah Kota Kotamobagu saja melalui Dinas Pertanian sudah pernah memberikan bantuan seperti pupuk buat kami, jadi dalam proses budidaya tanaman ini berjalan dengan baik,” katanya. (tr01/Ino)