Pastikan Kesehatan Hewan Kurban, Dispertanak Intens Lakukan Pemeriksaan

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Guna memastikan kesehatan hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kotamobagu, akan terus melakukan pemeriksaan disetiap penampungan dan pasar hewan di Kotamobagu.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dipsertanak Kotamobagu, Abdul Manap Pudul mengatakan, sekalipun sudah menerima surat dari provinsi kamarin, kegiatan pemeriksaan ini juga rutin dilakukan bidang pertenakan dan kesehatan untuk memastikan kesehatan hewan kurban.

“Karena kriteria kurban itu tubuhnya harus sehat, bersih simetris termasuk tidak cacat yakni tidak ada penyakit kulit,” kata Pudul. Rabu (8/8).

Bahkan menurut Pudul, tim yang telah dibentuk Dipertanak sudah dari kemarin turun untuk melakukan pemantauan baik ketersedian maupun kesehatan hewan kurban.

“Kita juga dari bidang teknis ada dokter hewan yang sama-sama turun dengan tim untuk melakukan pemeriksaan,” terangnya.

Lanjutnya, untuk para pengumpul pun sudah diperingatkan untuk menjaga kesehatan ternak. “Biasanya peternak sapi mereka sudah tau, tapi ternak kambing diperingatkan untuk menjaga kesehatan hewan, karena itu biasa muncul ping eye atau cacing mata. Kalau sudah buta tidak bisa dikorbankan. Sehingga kita sudah sampaikan kepada pengumpul sudah ada obat kalau kena itu,” kata Pudul.

Ia pun menambahkan, sekalipun di kotamobagu belum ada kasus seperti di gorontalo yang dikuatirkan, namun pihaknya akan terus turun untuk melakukan pemeriksaan.

“Kewajiban dinas terkait untuk menjaga jangan sampai ternak tidak sehat dan pada saat dipotong harus tetap sehat dan layak dikonsumsi,” katanya (Ino)

Komentar