H2M Mundur Dari Bupati Lewat Paripurna DPRD

BOGANINEWS BOLSEL — Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Hi. Herson Mayulu SIP (H2M), megundurkan diri dari jabatan Bupati karena akan maju bertarung sebagai bakal calon legislatif (caleg) DPR-RI. Mundurnya H2M dari jabatan Bupati, karena wajib memasukkan surat pengunduran diri sebagai kepala daerah aktif.

Untuk mengikuti tahapan tersebut, maka pengunduran diri disampaikan lewat paripuran DPRD yang dilaksanakan Jumat (3/8). Di hadapan para anggota DPRD dan tokoh masyarakat, H2M menyatakan siap mundur dari jabatan. Bahkan sudah menyerahkan surat pengunduran dirinya di Biro Pemerintahan Pemprov Sulut. “Sesuai aturan, kepala daerah yang maju sebagai caleg, wajib memasukan surat pengunduran diri ke pejabat yang berwenang,” kata H2M.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkab Bolsel Ahmadi Modeong menjelaskan, rapat paripurna itu merupakan bagian dari tahapan yang dilakukan oleh Bupati H2M. Menurutnya ada dua diktum yang akan dikeluarkan oleh DPRD. Yakni pengumuman diri secara terbuka dan mengusulkan calon Wakil Bupati. “Namun untuk sahnya pengunduran secara resmi akan dilakukan September mendatang,” jelas Ahmadi.

Lanjutnya, hak untuk mendaftarkan diri dalam pemilihan legislatif merupakan hak setiap warga negara termasuk kepala daerah. Hanya saja, setelah melepas jabatan, masih ada serangkaian proses yang akan dilewati sebelum akhirnya mendapat Surat Keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri.

Berdasarkan ketentuan yang ada, kepala daerah yang mundur, nanti ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT) oleh KPU setelah ditetapkan sebagai DCT, baru DPRD malakukan rapat paripurna terkait pemberhentian kepada kepala daerah yang ikut caleg. “Berdasarkan DCT itu Gubernur menyurat ke Kemendagri untuk pengesahan pengunduran diri, baru dari Mendagri terbitkan SK,” terangnya.

Usai rapat paripurna, suasana berubah menjadi haru. Tangis dan air mata dari ribuan PNS dan tokoh-tokoh masyarakat pecah saat berjabat tangan dengan Bupati Bolsel Dua periode itu. Pengunduran diri H2M ini, bagi warga bukanlah perpisahan, namun ini bagian dari perjuangan masyarakat untuk mengantar H2M berjuang menuju ke Senayan. (Holan)

Komentar