Dispertanak Salurkan Bibit Ikan Patin

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kotamobagu, memberikan bantuan bibit ikan patin kepada 11 kelompok pembudidayaan ikan di Kotamobagu.

Menurut Kepala Dispertanak Muljadi Surotenojo melalui Kepala Bidang Perikanan Anto Mamonto, kalau pihaknya sudah memberikan berikan bantuan 44 ribu bibit ikan patin kepada 11 kelompok pembudidaya ikan di Kotamobagu. “Masing-masing kelompok menerima empat ribu bibit ikan patin,” kata Anto, Kamis (23/08/).

Anto menjelaskan kalau jenis ikan air tawar yang satu ini termasuk baru dikembangkan di daerah ini. “Disinikan biasanya ikan nila dan ikan mas. Nah, ikan patin ini kami coba budidayakan disini. Sebab, rasanya enak seperti ikan nila dan ikan mas,” ungkapnya.

Awalnya sudah ada warga yang membudidayakan ikan patin ini, namun karena tidak berlanjut, makan kami coba budidayakan lagi ikan ini.

“Bibitnya dipesan dari luar daerah seperti di Sukabumi, karena ikan tersebut harus di perairan umum agar proses pematangan dan produksinya cepat. Kalau disana dia bisa berkembang biak, namun jika di Kotamobagu harus melalui proses penyuntikan agar bisa berkembang biak,” jelasnya. (Tr01/Ino)

Komentar