Dinkes Imbau Warga Cegah DBD

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Guna mencegah penyakit Demam Berdarah (DBD), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan ke Puskesmas jika ada indikasi kasus tersebut.

“Jika ada warga setempat terindikasi DBD, secepatnya melapor melalui Lurah/Sangadi. Karena, Puskesmas siap melayani laporan 1×24 jam,” kata Kepala Dinkes, Devi Ch Lala.

Devi mengatakan, pihaknya akan langsung melakukan identifikasi lapangan, dimana terjadinya kasus yang dilaporkan oleh warga. “Kita akan turun langsung ke lapangan untuk pengambilan sampel. Selanjutnya, jika dari hasil pemeriksaan terindakasi adanya jenitik nyamuk akan langsung ditindaklanjuti dengan pengasapan (Fogging),” katanya.

Ia pun berharap agar warga melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Sebab, dengan lingkungan yang bersih otomatis nyamuk Aedes Aegypti pembawa DBD tidak akan berkembang biak. “Tidak selamanya foging bisa membasmi penyakit DBD. Oleh karena itu, pola hidup sehat dan bersih adalah kunci utama terhindar dari berbagai penyakit,” terangnya. (tr01/Ino)

Komentar