Dinas Perhubungan Gelar Penyuluhan Bagi Pemilik Kapal di Bolsel

BOGANINEWS BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Rabu (29/8) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menggelar penyuluhan kepada para nelayan pemilik perahu di Aula Kantor Perhubungan Bolsel.

Sekertaris Dinas Perhubungan Bolsel, Masni Pomo menyampaikan, terkait dengan keselamatan nelayan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan termasuk kapasitas ukuran perahu. “Demi alasan keselamatan salah satu yang perlu diperhatikan pemilik perahu adalah ukurannya. Pemilik kapal juga harus mengurus surat izin berlayar (ijin rekomendasi melayar), karena izin tersebut menjadi dasar pihak terkait untuk malaksanakan pengawasan,” jelas Masni.

Selain itu, pemilik kapal harus mengetahui secara rinci dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan. Juga para nelayan harus memiliki keterampilan dan kecakapan saat berlayar untuk mengatisipasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi terutama menyangkut keselamatan. “Setiap nelayan harus pintar membaca tanda-tanda alam, termasuk penguasaan arah mata angin untuk keselamatan, serta kepentingan melaut,” pintanya.

Penyuluhan tersebut, merupakan kerjasama pihak KPLP/ KORPS Penjaga Laut dan Pantai, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kotabunan dan Dinas Perhubungan Provinsi. Penyuluhan tersebut dihadiri para memilik kapal/perahu, nelayan dan elemen masyarakat. (Holan)

Komentar